Setiawan, Andri (2021) PEMBUATAN FILM ANIMASI PENDEK 2D PULANG KAMPUNG DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (842kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (965kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-16.12.9019-Andri Setiawan - Andri Setiawan.zip Restricted to Repository staff only Download (67MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9019-Andri Setiawan - Andri Setiawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
Abstract
Teknik digital pembuatan animasi kartun dibagi menjadi dua teknik utama yaitu teknik frame by frame dan komputational. Komputasi mekanis dianggap lebih mudah daripada teknik frame by frame, karena sebagian besar prosesnya dibantu oleh perhitungan komputer seperti key frame, membentuk, atau gerak. Namun teknik ini kurang bisa diterapkan pada konsep ekspresi wajah atau gerakan terus menerus. Sedangkan teknik frame by frame memungkinkan analisis gerakan dilakukan setiap gambar. Mekanis frame by frame dirasa mampu memvisualisasikan animasi dengan ekspresif, dan pergerakannya tidak hanya terbatas pada arah putaran sumbu x dan y tetapi dapat berputar dengan sumbu z. Pembuatan film yang menggunakan prinsip animasi yang dapat membuat film animasi menjadi lebih hidup dan realistis, sehingga dapat mempengaruhi emosi. Dalam penelitian ini penulis membuat film pendek animasi 2d berjudul “Pulang Kampung” dengan menerapkan teknik frame by frame. Film animasi 2D “Pulang Kampung” menceritakan tentang seorang pemuda yang melakukan perjalanan pulang ke kampung halamannya untuk menemui ibunya. Pembuatan film animasi “Pulang Kampung” menggunakan teknik animasi komputasi, dan animasi digital sehingga prosesnya dapat menghemat waktu, biaya dan storytelling, serta pesan dari film akan lebih nyata bagi penontonnya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | animasi 2d, teknik frame by frame, teknik computational, 2D animation,, frame by frame technique, computational technique | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Jun 2022 01:35 | ||
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1201 |
Actions (login required)
View Item |