Putra, Randy Prathama (2014) PERANCANGAN SIMULASI 3 DIMENSI GEMPA BUMI ”STUDI KASUS Pada Taman Pintar Yogyakarta”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (575kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (31kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.11.4024 Randy Prathama Putra.zip Restricted to Repository staff only Download (108MB) |
Abstract
Simulasi 3D dari simulasi gempa yang konsep dalam tingkat getaran skala terendah dengan skala tertinggi. Dengan tingkat skala, tingkat getaran dan kerusakan bangunan juga sangat berbeda. Penelitian ini juga berstudi kasus pada "Taman Pintar Yogyakarta" di mana simulasi dapat mempermudah dan sebagai penambahan media dalam pembelajaran gempa. Menurut Mr Winarno bertanggung jawab atas alat peraga Taman Pintar Yogyakarta mengatakan bahwa simulasi gempa ini aplikasi di Taman Pintar belum dan hanya memiliki alat peraga tanpa simulasi visual. Jadi penelitian ini diberi judul "Desain 3 Dimensi Simulasi Gempa, studi kasus di Taman Pintar Yogyakarta". Metode yang digunakan adalah dengan studi literatur sebagai informasi pencarian dalam bentuk membuat suara-simulasi, lingkungan, video sebagai bahan referensi. Analisis dan desain untuk analisis simulasi yang ada sebagai referensi tambahan untuk flowchart dalam pembuatan desain simulasi sesuai dengan apa yang dibutuhkan .Implementasi Menerapkan flowchart yang telah dibuat dalam membuat simulasi. Tahap selanjutnya adalah uji apakah simulasi uji sesuai dengan apa yang diinginkan dalam hal aniamsi dan simulasi aliran. Dokumentasi adalah tahap terakhir dalam tahap akhir penelitian yang dilakukan sebagai penjelasan awal desain proses manufaktur untuk pelaksanaan pengujian. Studi simulasi gempa dapat disimpulkan bahwa pembuatan simulasi gempa dengan Adobe Flash dan ActionScript 3.0 dikelola oleh langkah-langkah dari konsep simulasi manufaktur, membuat desain lingkungan 3D serta penggabungan video, penciptaan dan scripting antarmuka, dan dilakukan pengujian untuk penerbitan. Simulasi gempa memiliki kelebihan antara lain memiliki 4 sudut pandang yang berbeda, dapat memilih setiap sudut pandang untuk menentukan kerusakan, pandangan bisa diputar di luar 3600 untuk menentukan kerusakan dari luar, dan simulasi Format .exe yang dapat dijalankan tanpa harus dikomputer apapun menginstal perangkat lain. Hal ini juga didukung oleh hasil kuesioner yang terdiri dari 6 pernyataan dominan setuju terutama simulasi gempa konsisten dengan tujuan yang dapat sebagai alat dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Simulasi, tiga dimensi, gempa bumi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 21 Nov 2022 07:43 | ||
Last Modified: | 16 Nov 2023 04:27 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/11395 |
Actions (login required)
View Item |