ANALISIS DAN PERANCANGAN MOBILE GAME EDUKASI PENDIDIKAN ALQUR’AN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 DAN UNITY

Pratama, Zulvani (2019) ANALISIS DAN PERANCANGAN MOBILE GAME EDUKASI PENDIDIKAN ALQUR’AN BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 DAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15128765 Zulvani Pratama.zip
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)

Abstract

Game merupakan media hiburan yang sangat diminati hampir semua lapisan masyarakat. Kualitas game ditentukan oleh beberapa aspek, baik dari kecerdasan buatan, konten yang disajikan, dan lain sebagainya. Kecerdasan buatan sangat diperlukan oleh suatu game guna menciptakan aksi dan reaksi untuk mencapai tingkat realisan yang diharapkan. Mempelajari Al-Qur’an hukumnya adalah fardu kifayah, namun untuk membacanya memakai ilmu Tajwid secara baik dan benar merupakan fardhu’ain, jika terjadi kesalahan dalam membaca maka termasuk dosa. Untuk menghindari diri dari dosa tersebut, kita dituntut untuk selalu belajar Al-Qur’an pada ahlinya. Di sisi lain, kalau kita membaca Al-Qur’an tidak mempunyai dasar riwayat yang jelas, maka bacaan kita itu dianggap kurang utama, bahkan bisa tidak sah yang kit abaca tersebut. Tidak sedikit diantara kita yang tidak mengetahui periwayatan membaca Al-Qur’an ini. Dengan latar belakang masalah yang beragam tadi penulis mencoba merancang sebuah game sebagai media pembelajaran dan pengetahuan untuk merangsang keinginan tahuan lebih lanjut tentang materi yang diselipkan dalam game tersebut. Game ini dirancang dengan menggunakan variable sebagai inputan untuk membuat rules sebagai syarat untuk output yang diinginkan. Penelitian ini difokuskan pada platform Desktop Android Emulator.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanto, Anggit Dwi
Uncontrolled Keywords: Ilmu Alqur’an, Tajwid, Game
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:57
Last Modified: 24 Oct 2023 06:01
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/11280

Actions (login required)

View Item View Item