Devi, Ruth Mufidah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN KOMPONEN KOMPUTER BERBASIS AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (737kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (296kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (41kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
source Code-17.12.0256-Ruth Mufidah Devi - Ruth Mufidah Devi.rar Restricted to Repository staff only Download (31MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0256-Ruth Mufidah Devi - Ruth Mufidah Devi.pdf Restricted to Repository staff only Download (747kB) |
Abstract
Dengan adanya pandemi Covid 19 ini tentu kegiatan belajar mengajar sangat terganggu. Proses pembelajaran dengan cara daring tidak memungkinkan para siswa memahami pelajaran yang sedang dipelajarinya. Siswa Sekolah Menengah Pertama tentu sudah saatnya mempelajari tentang ilmu komputer, tetapi dengan adanya pandemi Covid 19 ini siswa tidak memungkinkan belajar tentang ilmu komputer secara langsung. Dalam mempelajari ilmu komputer tentu kita perlu mengetahui komponen apa saja yang ada pada komputer walau hanya basiknya saja. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran pada masa pandemi seperti ini dirasa belum optimal khususnya penggunaan media pembelajaran. Hal ini terlihat masih sedikit sekolah yang telah memanfaatkan keberadaan teknologi informasi dan komunikasi secara baik sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah diperoleh hasil tingkat efektifitas dan motivasi siswa dalam penggunaan media pembelajaran interaktif pada platform android berbasis Augmented Reality pada pembelajaran pengenalan komponen computer. Adapun metode-metode yang akan dilakukan untuk mengatasinya agar siswa tetap dapat belajar dengan cara yang lebih interakif. . Dengan metode Augmented Reality ini siswa dapat belajar dengan mudah dan dapat belajar dimana saja tanpa harus membawa komponen komputer yang asli. Ada beberapa metode yang dilakukan dalam pembuatan aplikasi Augmented Reality ini yaitu, pengumpulan data, desain antarmuka, pengkodean, testing, dan implementasi. Augmented Reality ini dapat menampilkan objek 3 dimensi, nama objek tersebut, dan pengertian dari objek. Itu artinya aplikasi Augmented Reality ini mampu memberikan informasi tentang komponen komputer. Dengan menggunakan aplikasi ini tentu sangat membantu siswa Sekolah Menengah Pertama dalam melakukan belajar komponen komputer dalam masa pandemi Covid 19 ini. Jadi siswa dapat belajar kapan pun, tidak hanya pada saat daring atau online saja.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | media, pembelajaran, komponen komputer, augmented reality, learning, components computer | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jun 2022 07:05 | ||
Last Modified: | 10 Aug 2023 07:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1070 |
Actions (login required)
View Item |