PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHITUNG PADA SEKOLAH KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA

Fajrin, Izzatil Ishmah (2016) PERANCANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENGHITUNG PADA SEKOLAH KHUSUS AUTISTIK FAJAR NUGRAHA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (646kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 12.12.6489 Izzatil Ishmah Fajrin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Sekolah Khusus Autistik Fajar Nugraha merupakan salah satu sekolah tingkat dasar yang khusus menangani siswa yang memiliki keterbatasan/ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) khususnya autis. Karena setiap anak memiliki kebutuhan khusus maka dibutuhkan pula kemampuan khusus dari tenaga pendidik/guru. Kesulitan menangani beragam kebutuhan siswa disini yang sering menjadi kendala. Maka pada skripsi ini, peneliti mencoba menganalisis tentang kebutuhan anak-anak penyandang autis agar tetap dapat mendapatkan pendidikan yang sesuai. Metode pembelajaran yang tepat dirasa akan mampu sedikit membantu proses belajar mereka di sekolah. Dengan game edukasi yang akan dirancang menggunakan Adobe Flash ditambah animasi akan lebih menarik minat mereka untuk belajar. Media pembelajaran/game edukasi ini dibuat dengan bentuk animasi 2D yang diharapkan mampu dipahami oleh anak-anak penyandang autis di Sekolah Khusus Autistik Fajar Nugraha. Dengan adanya animasi 2D ini memberikan warna baru pada perkembangan animasi di Indonesia. Disamping itu pembuatan game edukasi ini bertujuan untuk membantu para pengajar dalam memberikan materi yang sesuai untuk mereka.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Syafrizal, Melwin
Uncontrolled Keywords: Animasi, Film Kartun, Psikologi, Game Edukasi, Autis, Perancangan, Guru, Orang Tua, Anak, Remaja, Media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Nov 2022 08:49
Last Modified: 20 Sep 2023 06:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/10323

Actions (login required)

View Item View Item