REPRESENTASI BUDAYA NUSANTARA DALAM IKLAN JOSS C-1000 BINTANG TOEDJOE EDISI SATU NUSA, SATU BANGSA, SATU VITAMIN C TAHUN 2020

Putri, Shafira Lupita Kusuma (2021) REPRESENTASI BUDAYA NUSANTARA DALAM IKLAN JOSS C-1000 BINTANG TOEDJOE EDISI SATU NUSA, SATU BANGSA, SATU VITAMIN C TAHUN 2020. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.96.0057-Shafira Lupita Kusuma Putri - Shafira Lupita Kusuma Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)

Abstract

Representasi budaya nusantara dalam iklan Joss C-1000 versi “Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Vitamin C” berisi tentang representasi budaya nusantara yang terdapat di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna dari keragaman budaya Indonesia berdasarkan kajian semiotika terhadap tanda-tanda yang tercipta dalam iklan dengan teori representasi. Unsur-unsur budaya nusantara yang menjadi komponen penelitian diteliti melalui tanda-tanda yang dimunculkan dalam iklan Joss C-1000 tersebut yang mencakup unsur gambar dan suara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan pendekatan kualitatif kemudian menganalisis dan menginterpretasi data berupa tandatanda yang terdapat dalam iklan. Dalam tahap penelitian, peneliti mengklasifikasi dan mengidentifikasi tiap-tiap adegan dalam iklan Joss C-1000 tersebut, kemudian menginterpretasikannya dengan menggunakan Teori Segitia Makna oleh Charles Sanders Peirce, yakni Sign (tanda), Object (objek), dan Interpretant (interpretan) dengan fokus ikon, indeks, dan simbol. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Joss C-1000 versi “Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Vitamin C”, menampilkan representasi budaya nusantara melalui beberapa adegan yang memperlihatkan keragaman budaya Indonesia. PT Bintang Toedjoe melalui iklan Joss C-1000 versi “Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Vitamin C”, mencoba untuk menampilkan beberapa keragaman budaya Indonesia yang masih terjaga, dengan konsep iklan yang bertemakan budaya. Terlihat para pemain yang menggunakan pakaian adat dan beberapa lokasi situs budaya yang ditampilkan serta simbol yang mewakili produk Joss C-1000 tidak hanya memberikan persuasi tentang produknya, tetapi juga mencoba untuk menganalogikan manfaat minum Joss C-1000 yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa’adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotika, Budaya, Iklan Joss C-1000, Representasi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jun 2022 04:14
Last Modified: 10 Aug 2023 04:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1027

Actions (login required)

View Item View Item