Victory, Francis Arince (2021) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI ANDROID AUGMENTED REALITY PADA DHENIA PRINTING MENERAPKAN METODE MARKER BASE TRACKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (737kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
AR DHENIA PRINTING - Francis Arince Victory.apk Restricted to Repository staff only Download (110MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9332-Francis Arince Victory - Francis Arince Victory.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) |
Abstract
Dhenia Printing adalah sebuah usaha yang bergerak dibidang percetakan. Kemajuan teknologi di era industri 4.0 dan persaingan bisnis percetakan membuat Dhenia Printing ingin berdiversifikasi untuk menghasilkan sebuah produk baru agar mampu beradaptasi dalam revolusi 4.0 dan mempunyai produk yang berbeda dengan produk yang ditawarkan oleh percetakan lain. Selain itu teknologi yang ingin dibangun Dhenia Printing di dalam penelitian ini harus bisa digunakan dengan dan tanpa harus terhubung dengan jaringan internet, melihat bahwa banyak tempat di sekitar Dhenia Printing yang belum berkesempatan dapat terhubung dengan jaringan internet. Pada skripsi ini, peneliti mencoba mencari referensi perihal teknologi yang berkembang di era industri 4.0 yang dapat digunakan tanpa harus terhubung dengan jaringan internet. Salah satu referensi yang dibaca peneliti menunjukkan bahwa teknologi augmented reality dapat mengatasi permasalah yang dihadapi Dhenia Printing. Penelitian ini menggunakan metode SDLC, analisis SWOT, analisis kebutuhan spesifikasi, perancangan flowchart, perancangan UML, perancangan alur sistem dan perancangan interface. Aplikasi yang dihasilkan adalah aplikasi untuk smartphone Android. Aplikasi ini ditujukan untuk menjadi produk yang dihasilkan oleh Dhenia Printing. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode marker base tracking menggunakan brosur sebagai media untuk meletakan marker yang akan menampilkan augmented reality dalam bentuk playback video pada aplikasi Android Dhenia Printing. Di samping hal tersebut peneliti juga menganjurkan kepada Dhenia Printing dapat mengembangkan aplikasi Dhenia Printing, agar dapat digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal karena di dalam penelitian ini berdasarkan hasil pengujian terdapat bug.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, analisis, perancangan, brosur, marker base tracking dan playback video, analysis, design, brochure | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jun 2022 03:49 | ||
Last Modified: | 10 Aug 2023 01:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1018 |
Actions (login required)
View Item |