PEMBUATAN FUN GAME EDUKASI “AYO BASMI KUMAN” MENGGUNAKAN UNITY 2D

Pratiwi, Eka (2015) PEMBUATAN FUN GAME EDUKASI “AYO BASMI KUMAN” MENGGUNAKAN UNITY 2D. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 12.01.3128 Eka Pratiwi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Game merupakan salah satu media hiburan yang dapat dinikmati oleh semua kalangan, dari anak kecil hingga orang dewasa. Dalam perkembangannya game telah melalui banyak perubahan, dari yang biasanya digunakan sebagai alat hiburan sekarang game juga bisa digunakan sebagai media promosi, advertising, hingga pendidikan.Game untuk media pendidikan saat ini sudah banyak dan sering digunakan. Terutama bagi anak-anak balita, pemberian edukasi-edukasi dengan media game yang menyenangkan ini merupakan salah satu hal yang sangat tepat. Oleh karena itu penulis merancang game berjudul "Ayo Basmi Kuman", yaitu game edukasi mengenai bahayanya kuman-kuman bagi kesehatan mereka. Mengingat pada usia balita anak-anak sangat hiperaktif dan serba ingin tahu, maka dengan adanya fun game education ini diharapkan anak-anak dapat mengerti atau teredukasi bahayanya kuman bagi kesehatan mereka namun dengan cara yang menyenangkan. Aplikasi ini dibuat menggunakan Unity yang didukung salah satu framework tambahanyang memudahkan dalam pembuatan game 2D yaitu Orthello. Metode penelitian untuk perancangan game ini ada 2 macam, yang pertama metode wawancara dengan mewawancarai para orangtua, game atau permainan apa yang paling digemari oleh anak-anak balita mereka. Kedua metode survey dengan menawari beberapa game mobile pada anak-anak balita dan melihat game mana yang paling digemari.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Ayo Basmi Kuman, Game, Edukasi, Unity
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:30
Last Modified: 23 Nov 2023 07:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/10006

Actions (login required)

View Item View Item