PERANCANGAN GAME EDUKASI INTERAKTIF “BOARD GAME” BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA BELAJAR DAN BERMAIN UNTUK SISWA SDN 1 REJOSARI MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE

Rosyid, Muhamad (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI INTERAKTIF “BOARD GAME” BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA BELAJAR DAN BERMAIN UNTUK SISWA SDN 1 REJOSARI MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4102.zip
Restricted to Repository staff only

Download (69MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan game edukasi interaktif berbasis Android yang berjudul "Board Game" sebagai alternatif media pembelajaran untuk siswa kelas 3 di SDN 1 Rejosari. Masalah yang dihadapi yaitu metode pembelajaran konvensional yang cenderung monoton, sehingga mengakibatkan kurangnya perhatian dan minat siswa dalam mengikuti pelajaran. Masalah ini menimbulkan dampak berupa rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam bentuk media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan guru untuk memahami kebutuhan siswa. Game dirancang dengan mengintegrasikan soal pilihan ganda yang sesuai dengan kurikulum kelas 3 SD, serta dilakukan uji coba pada siswa sekolah dasar kelas 3 dari SDN 1 Rejosari sebagai objek penelitian untuk mendapatkan umpan balik mengenai aspek tampilan, kemudahan penggunaan, dan pemahaman materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memberikan tanggapan positif terhadap game yang dikembangkan sebagai media pembelajaran alternatif. Game ini berhasil dirancang dan dikembangkan sehingga dapat digunakan oleh guru sebagai sarana dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menambah variasi soal dan mata pelajaran lain dalam game ini agar lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kharisma, Rizqi Sukma
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Interaktif, Android, MDLC, Pembelajaran Alternatif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Dec 2025 07:55
Last Modified: 03 Dec 2025 07:55
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31456

Actions (login required)

View Item View Item