Rosyid, Muhamad (2025) PERANCANGAN GAME EDUKASI INTERAKTIF “BOARD GAME” BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA BELAJAR DAN BERMAIN UNTUK SISWA SDN 1 REJOSARI MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (219kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4102.zip Restricted to Repository staff only Download (69MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada perancangan game edukasi interaktif berbasis Android yang berjudul "Board Game" sebagai alternatif media pembelajaran untuk siswa kelas 3 di SDN 1 Rejosari. Masalah yang dihadapi yaitu metode pembelajaran konvensional yang cenderung monoton, sehingga mengakibatkan kurangnya perhatian dan minat siswa dalam mengikuti pelajaran. Masalah ini menimbulkan dampak berupa rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam bentuk media pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari enam tahapan: konsep, desain, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Peneliti melakukan observasi dan wawancara dengan guru untuk memahami kebutuhan siswa. Game dirancang dengan mengintegrasikan soal pilihan ganda yang sesuai dengan kurikulum kelas 3 SD, serta dilakukan uji coba pada siswa sekolah dasar kelas 3 dari SDN 1 Rejosari sebagai objek penelitian untuk mendapatkan umpan balik mengenai aspek tampilan, kemudahan penggunaan, dan pemahaman materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memberikan tanggapan positif terhadap game yang dikembangkan sebagai media pembelajaran alternatif. Game ini berhasil dirancang dan dikembangkan sehingga dapat digunakan oleh guru sebagai sarana dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk menambah variasi soal dan mata pelajaran lain dalam game ini agar lebih komprehensif.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Interaktif, Android, MDLC, Pembelajaran Alternatif | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus | ||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 07:55 | ||
| Last Modified: | 03 Dec 2025 07:55 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

