ANALISIS SENTIMEN ULASAN HOTEL DI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA DISTILBERT (DISTILLATION VERSION OF BERT)

Verdian, Fahrul Fuguh (2025) ANALISIS SENTIMEN ULASAN HOTEL DI YOGYAKARTA MENGGUNAKAN ALGORITMA DISTILBERT (DISTILLATION VERSION OF BERT). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4331.zip
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah mengubah cara manusia dalam menerima dan menyampaikan informasi. Jika sebelumnya informasi disebarkan secara lisan, kini penyebaran dapat dilakukan hanya melalui sentuhan jari. Salah satu contohnya adalah ulasan pelanggan terhadap layanan hotel, yang kini banyak disampaikan melalui platform digital. Ulasan ini dapat berdampak positif maupun negatif bagi reputasi hotel, tergantung pada pengalaman yang dituliskan oleh pelanggan. Namun, banyaknya ulasan yang tersedia sering kali menyulitkan calon pelanggan dalam memperoleh informasi yang relevan. Oleh karena itu, analisis sentimen menjadi pendekatan penting untuk mengelompokkan ulasan ke dalam kategori positif, negatif, atau netral. Penelitian ini bertujuan melakukan analisis sentimen terhadap ulasan hotel di Indonesia dengan menggunakan algoritma DistilBERT (Distilled Version of BERT), guna menyediakan informasi yang valid bagi pelanggan serta memberikan insight bagi pihak pengelola hotel. Pemilihan DistilBERT didasarkan pada kemampuannya yang efisien, dengan ukuran model lebih kecil dari BERT, sehingga lebih cepat dan ringan secara komputasi. Penelitian ini juga melakukan tuning parameter untuk meningkatkan performa model, dengan konfigurasi terbaik pada batch_size 16, epoch 5, dan learning_rate 0.0001 menggunakan optimizer AdamW. Hasil evaluasi menunjukkan model menghasilkan akurasi, precision, recall, dan F1-score masing-masing sebesar 96% pada hotel Gallery Prawirotaman. Hal ini menunjukkan bahwa DistilBERT mampu menganalisis sentimen ulasan hotel secara efektif dan akurat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sasongko, Theopilus Bayu
Uncontrolled Keywords: DistilBERT, Ulasan Hotel, Sentimen Analisis, Bahasa Indonesia, Hotel
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Dec 2025 07:31
Last Modified: 01 Dec 2025 07:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31409

Actions (login required)

View Item View Item