Farhan, Muhammad (2025) PERANCANGAN ANTARMUKA DAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA WEBSITE TOKO ONLINE HEUVEL TRIBE DENGAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (199kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (460kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (75kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.11.4263.zip Restricted to Repository staff only Download (58MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan industri fashion lokal di era digital menuntut brand untuk memiliki platform penjualan online yang mampu menyampaikan identitas mereksekaligus memberikan pengalaman berbelanja yang optimal bagi pengguna.Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (User Interface) dan pengalaman pengguna (User Experience) website toko online Heuvel Tribedengan menggunakan pendekatan metode Design Thinking. Metode ini terdiridari lima tahapan, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test, yang secaraberurutan digunakan untuk memahami kebutuhan pengguna, merancang solusi,dan menguji kelayakan desain. Prototipe website yang telah dirancang kemudian dievaluasi menggunakan dua metode: Usability Testing dengan Maze dan UserExperience Questionnaire (UEQ). Hasil usability testing menunjukkan tingkatkeberhasilan tugas sebesar 100% dengan rata-rata skor usability MIUS sebesar 81, yang termasuk kategori baik. Sementara itu, hasil UEQ menunjukkan bahwa enam aspek UX (daya tarik, kejelasan, efisiensi, ketepatan, stimulasi, dan kebaruan)memperoleh nilai rata-rata yang tinggi dan masuk dalam 10% benchmark terbaiksecara internasional. Aspek daya tarik memperoleh nilai tertinggi yaitu 2,12,sedangkan kebaruan memperoleh nilai 1,72 yang tetap tergolong sangat baik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain prototipe berhasil memenuhikebutuhan pengguna dan memperkuat citra merek Heuvel Tribe, sertamemberikan pengalaman berbelanja yang sederhana, efisien, dan menyenangkan.Dengan demikian, tujuan penelitian berhasil tercapai dan prototipe yangdikembangkan dapat dijadikan acuan dalam pengembangan website fungsionalHeuvel Tribe di masa mendatang.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | UI/UX, Design Thinking, Usability Testing, UEQ | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 04:44 | ||
| Last Modified: | 01 Dec 2025 04:44 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

