Basyasyah, Rodhiyah Syarifatun (2025) PERANCANGAN PROTOTYPE UI/UX APLIKASI BERBASIS MOBILE PRODUK KERAJINAN TANGAN PADA HOME INDUSTRY SEKAR MAYANG MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (227kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (317kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (52kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) |
Abstract
UMKM Sekar Mayang menghadapi tantangan dalam memperluas jangkauan pasar dan mengelola pemasaran digital secara efektif karena masih mengandalkan media sosial pribadi dan promosi offline. Keterbatasan ini berdampak pada terbatasnya akses informasi produk, proses pemesanan yang kurang efisien, dan rendahnya pengalaman pengguna dalam membeli produk secara daring. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi digital berupa aplikasi mobile yang dapat membantu memperbaiki sistem pemasaran dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang terdiri dari lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan usability testing menggunakan platform Maze dan System Usability Scale (SUS). Prototipe dirancang menggunakan Figma, dengan fokus pada desain antarmuka yang fungsional, menarik, dan sesuai kebutuhan pengguna. Evaluasi dilakukan secara iteratif untuk memastikan solusi benar-benar menjawab masalah pengguna. Hasil pengujian menunjukkan bahwa prototipe aplikasi memperoleh skor SUS sebesar 78, yang termasuk dalam kategori "baik" dan dapat diterima oleh pengguna. Rancangan ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM, khususnya Sekar Mayang, sebagai langkah awal menuju digitalisasi usaha yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini juga memberikan kontribusi dalam pengembangan UI/UX berbasis kebutuhan pengguna dan dapat menjadi referensi bagi pengembangan aplikasi serupa di masa mendatang.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | UI/UX, Design Thinking, UMKM, Aplikasi Mobile, SUS | ||
| Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
| Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 02:17 | ||
| Last Modified: | 01 Dec 2025 02:17 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31391 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

