Ramadhan, Rafi Kautsar (2025) {SKEMA INTERNSHIP} PROSES FASILITATOR PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN UMKM MELALUI DIGITALISASI (Studi Pada Program Penggerak Muda Pasar Rakyat Kementerian Perdagangan di Pasar Sleman Unit 1). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (5MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (409kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (771kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (193kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pasar Rakyat sedang menghadapi tantangan besar akibat kemunculan pasar modern dan layanan e-commerce. Salah satunya adalah Pasar Sleman Unit 1 yang mengalami keterlambatan dalam menerapkan digitalisasi karena kurangnya infrastruktur dan rendahnya literasi teknologi digital pelaku UMKM di pasar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana proses yang dilakukan fasilitator program Penggerak Muda Pasar Rakyat dalam mengembangkan UMKM melalui digitalisasi di Pasar Sleman Unit 1. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teori diseminasi informasi Ordonez & Serrat digunakan untuk menganalisis alur penyampaian informasi dari fasilitator kepada pelaku UMKM, sedangkan konsep pemberdayaan masyarakat Edi Suharto digunakan untuk mengkaji tahapan pemberdayaan yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitator memiliki peran strategis sebagai sumber informasi, penyampai pesan, dan pengelola konteks yang sesuai dengan kondisi pasar. Melalui penyampaian media seperti Sekolah Pasar, penyuluhan, dan pendampingan intensif, fasilitator berhasil mendorong peningkatan pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM. Proses pemberdayaan pelaku UMKM yang dilakukan melalui semua aspek 5P, sehingga mampu membentuk kesadaran dan kesiapan dari pelaku Pasar Rakyat dalam menghadapi era digital.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Pemberdayaan Masyarakat, Teori Diseminasi Informasi, UMKM, Penggerak Muda Pasar Rakyat, Pasar Sleman Unit 1 | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:07 | ||
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:07 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

