IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA KEARIFAN LOKAL LOMBE DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI KEPULAUAN KANGEAN

Zaidir, Daniel Patria (2025) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN PARIWISATA KEARIFAN LOKAL LOMBE DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI KEPULAUAN KANGEAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (84kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya promosi tradisi Lombe di Kepulauan Kangean sebagai daya tarik wisata budaya yang berpotensi dikembangkan secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran pariwisata berbasis kearifan lokal dan mengidentifikasi hambatan yang dihadapi dalam pengembangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap tokoh masyarakat, pemerintah daerah, dan pelaku lokal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen komunikasi pemasaran seperti iklan digital (media sosial), hubungan masyarakat, pemasaran langsung, dan electronic word of mouth (e-WOM) telah dimanfaatkan oleh masyarakat lokal untuk mempromosikan tradisi Lombe. Namun, promosi masih dilakukan secara tidak teratur dan belum terstruktur. Sementara itu, promosi penjualan dan dukungan pemerintah masih minim. Penelitian ini merekomendasikan perlunya kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan pelaku industri pariwisata dalam merancang strategi komunikasi yang terpadu, serta menyediakan pelatihan digital untuk masyarakat lokal guna meningkatkan kualitas promosi. Penguatan promosi berbasis kearifan lokal diharapkan dapat meningkatkan daya saing pariwisata Kepulauan Kangean, melestarikan budaya, dan memberikan manfaat ekonomi secara berkelanjutan bagi masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astari, Devi Wening
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Kepulauan Kangean, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata Berkelanjutan, Tradisi Lombe
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Nov 2025 03:47
Last Modified: 21 Nov 2025 03:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31314

Actions (login required)

View Item View Item