Putra, Daffa Krisna (2025) {SKEMA ARTIS - AUDIO VISUAL CONTENT CREATOR} PROSES KREATIF SUTRADARA PADA VIDEO PROMOSI MAHIKA JOGJA VILLAS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (750kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (571kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (627kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (75kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.96.2579.zip Restricted to Repository staff only Download (114MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
Abstract
Tingginya minat wisata di Sleman mendorong tren akomodasi menuju penginapan yang privat, estetik, dan berorientasi pada pengalaman (experiential stay). Namun, tren ini belum didukung oleh strategi promosi yang efektif. Menanggapi hal tersebut, penulis membuat video promosi sebagai media komunikasi visual yang kreatif dan emosional. Dalam proses ini, penulis berperan sebagai sutradara untuk memastikan visi serta elemen visual selaras dengan pesan yang ingin disampaikan. Mahika Jogja Villas sebagai objek promosi memiliki keunikan desain Mediterranean Bohemian yang memadukan material alam dan suasana alam, menciptakan kesan tenang, hangat, dan romantis. Keunikan ini menjadi dasar pengembangan konsep “romance” sebagai pesan utama yang ingin ditonjolkan secara emosional. Penulis dalam pembuatan video promosi Mahika Jogja Villas menggunakan landasan teori Creative Process oleh Graham Wallas, yang terdiri dari empat tahapan: Preparation (riset identitas vila, analisis kebutuhan promosi, dan eksplorasi referensi visual), Incubation (pengendapan ide melalui diskusi dan refleksi kreatif), Illumination (munculnya ide utama bertema romance yang mewakili karakter Mahika), dan Verification (evaluasi ide secara teknis dan naratif sebelum produksi dan publikasi). Sehingga dengan menggunakan teori Creative Process, Penerapan teori ini menghasilkan visual storytelling yang kuat, dengan penekanan pada emosi dan keunikan karakter vila, sehingga pesan promosi dapat tersampaikan secara efektif dan menyentuh audiens.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Proses Kreatif, Video Promosi, Mahika Jogja Villas, Sutradara | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 02:35 | ||
| Last Modified: | 21 Nov 2025 02:35 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31305 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

