{SKEMA ARTIS - AUDIO VISUAL CONTENT CREATOR} PROSES KREATIF SUTRADARA PADA VIDEO PROMOSI MAHIKA JOGJA VILLAS

Putra, Daffa Krisna (2025) {SKEMA ARTIS - AUDIO VISUAL CONTENT CREATOR} PROSES KREATIF SUTRADARA PADA VIDEO PROMOSI MAHIKA JOGJA VILLAS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (750kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.96.2579.zip
Restricted to Repository staff only

Download (114MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)

Abstract

Tingginya minat wisata di Sleman mendorong tren akomodasi menuju penginapan yang privat, estetik, dan berorientasi pada pengalaman (experiential stay). Namun, tren ini belum didukung oleh strategi promosi yang efektif. Menanggapi hal tersebut, penulis membuat video promosi sebagai media komunikasi visual yang kreatif dan emosional. Dalam proses ini, penulis berperan sebagai sutradara untuk memastikan visi serta elemen visual selaras dengan pesan yang ingin disampaikan. Mahika Jogja Villas sebagai objek promosi memiliki keunikan desain Mediterranean Bohemian yang memadukan material alam dan suasana alam, menciptakan kesan tenang, hangat, dan romantis. Keunikan ini menjadi dasar pengembangan konsep “romance” sebagai pesan utama yang ingin ditonjolkan secara emosional. Penulis dalam pembuatan video promosi Mahika Jogja Villas menggunakan landasan teori Creative Process oleh Graham Wallas, yang terdiri dari empat tahapan: Preparation (riset identitas vila, analisis kebutuhan promosi, dan eksplorasi referensi visual), Incubation (pengendapan ide melalui diskusi dan refleksi kreatif), Illumination (munculnya ide utama bertema romance yang mewakili karakter Mahika), dan Verification (evaluasi ide secara teknis dan naratif sebelum produksi dan publikasi). Sehingga dengan menggunakan teori Creative Process, Penerapan teori ini menghasilkan visual storytelling yang kuat, dengan penekanan pada emosi dan keunikan karakter vila, sehingga pesan promosi dapat tersampaikan secara efektif dan menyentuh audiens.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Proses Kreatif, Video Promosi, Mahika Jogja Villas, Sutradara
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Nov 2025 02:35
Last Modified: 21 Nov 2025 02:35
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31305

Actions (login required)

View Item View Item