Wijaya, Berlian Aji Putra (2025) {SKEMA ARTIS} PEMBUATAN POSTER DENGAN PENERAPAN TEORI KOMUNIKASI VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN DI KAGEM JOGJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (338kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (92kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.96.2536.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (473kB) |
Abstract
Poster edukatif “Mari Kita Budayakan 5S” (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) dirancang sebagai media pembelajaran visual yang komunikatif untuk anak-anak usia 5–15 tahun di Rumah Belajar Kagem Jogja. Latar belakang dari perancangan ini adalah adanya kebutuhan akan media pembelajaran yang tidak hanya informatif tetapi juga menarik secara visual, sehingga nilai-nilai karakter dapat ditanamkan secara efektif kepada generasi muda. Pendidikan karakter melalui pendekatan komunikasi visual dianggap penting, sebab anak-anak lebih mudah memahami pesan melalui bentuk visual yang sederhana, penuh warna, dan dekat dengan keseharian mereka.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi langsung di Rumah Belajar Kagem Jogja. Observasi dilakukan untuk memahami kebutuhan, perilaku, dan preferensi anakanak dalam menerima pesan edukatif. Selain itu, wawancara dengan pengajar turut dilakukan untuk memperkuat pemahaman mengenai media pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak. Data kemudian dianalisis dan dituangkan dalam proses perancangan visual poster.Perancangan poster ini menggunakan prinsipprinsip komunikasi visual dengan mengedepankan elemen fundamental desain, seperti ilustrasi karakter yang ekspresif, penerapan teknik manual brush agar visual terasa lebih dekat, hangat, dan tidak kaku. Setiap elemen visual dipilih dengan pertimbangan agar pesan 5S dapat dipahami dengan cepat dan menarik perhatian audiens.pemilihan warna cerah membantu menumbuhkan suasana positif dan semangat. Tipografi yang jelas dan sederhana mendukung keterbacaan, sedangkan penggunaan bubble text memperkuat interaksi antara gambar dan pesan. Selain itu, tata letak poster yang mengikuti pola alur pandangan Z-Pattern membuat pesan tersampaikan secara runtut.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Poster Edukatif, Komunikasi Visual, 5S, Pembelajaran Anak | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 18 Nov 2025 07:33 | ||
| Last Modified: | 18 Nov 2025 07:33 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31212 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

