{SKEMA ARTIST CONTENT CREATOR} PEMBUATAN DESAIN LOGO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL KOMUNITAS JLFR (JOGJA LAST FRIDAY RIDE)

Prasetya, Tegar Rama (2025) {SKEMA ARTIST CONTENT CREATOR} PEMBUATAN DESAIN LOGO SEBAGAI IDENTITAS VISUAL KOMUNITAS JLFR (JOGJA LAST FRIDAY RIDE). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 21.96.2532.zip
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang sebuah identitas visual berupa desain logo yang diperuntukan untuk komunitas JLFR (Jogja Last Friday Ride) sebagai karakter, semangat dan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Karya yang diciptakan dilatarbelakangi kebutuhan komunitas itu akan sebuah simbol yang identik, serta mudah untuk diingat. Dalam proses perancangan desain logo, penulis melakukan riset lapangan, wawancara, serta observasi kegiatan yang diadakan JLFR. Perancangan mengacu pada teori desain komunikasi visual dan prinsip identitas merek yang menekankan keterbacaan, kesesuaian makna, dan fleksibilitas aplikasi. Logo dirancang bergaya emblem dengan elemen visual berupa gear, sayap, petir, rantai, dan tipografi khusus. Pemilihan warna monokrom yang terdiri dari abu-abu dan putih dipilih karena menggambarkan identitas yang netral, tegas, serta mudah diaplikasikan pada berbagai media cetak maupun digital. Hasil akhir dari karya tersebut bukan hanya sekedar sebuah logo, melainkan identitas visual yang siap digunakan di media cetak maupun digital. Temuan utama dari hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa identitas visual yang diciptakan berdasarkan riset yang telah dilakukan mempu menciptakan simbol yang tidak hanya sebagai penanda identitas saja, tetapi juga memasukkan nilai-nilai dari prinsip JLFR.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aprillia, Monika Pretty
Uncontrolled Keywords: Desain Grafis, Komunitas Sepeda, Perancangan Logo, Identitas Visual
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 07:21
Last Modified: 18 Nov 2025 07:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31209

Actions (login required)

View Item View Item