REPRESENTASI WISATA BUDAYA DALAM IKLAN GOJEK VERSI “KEMBALI KE MANGKUNEGARAN” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Wahyudi, Wayan Dodi (2025) REPRESENTASI WISATA BUDAYA DALAM IKLAN GOJEK VERSI “KEMBALI KE MANGKUNEGARAN” (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis representasi wisata budaya dalam iklan Gojek versi "Kembali ke Mangkunegaran" dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dan representasi Stuart Hall. Melalui analisis Barthes, penelitian ini membedah dua tingkat tanda, yaitu denotasi dan konotasi, untuk memahami bagaimana iklan tersebut membangun citra budaya lokal serta bagaimana pesan yang terkandung dalam iklan tersebut mengkomunikasikan nilai-nilai budaya yang dapat diterima oleh masyarakat luas. Pendekatan representasi Stuart Hall digunakan untuk menggali bagaimana iklan ini merepresentasikan budaya Mangkunegaran melalui tiga perspektif yaitu, reflektif, intensional, dan konstruktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan Gojek "Kembali ke Mangkunegaran" tidak hanya memperkenalkan Pura Mangkunegaran sebagai destinasi wisata budaya, tetapi juga membangun narasi yang menggabungkan identitas budaya Jawa dengan kemajuan teknologi. Iklan ini memanfaatkan simbol-simbol budaya Mangkunegaran untuk menciptakan citra positif tentang bagaimana tradisi dan modernitas dapat berjalan berdampingan. Dengan demikian, iklan ini berfungsi sebagai media yang efektif dalam mempromosikan wisata budaya sekaligus mempertahankan nilai-nilai lokal dalam era globalisasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nurussa'adah, Erfina
Uncontrolled Keywords: Wisata Budaya, Representasi Stuart Hall, Pura Mangkunegaran, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 03:44
Last Modified: 18 Nov 2025 03:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31166

Actions (login required)

View Item View Item