ANALISIS RESEPSI KHALAYAK PEREMPUAN PADA VIRTUAL TRY-ON PRODUK KOSMETIK MAYBELLINE DI APLIKASI SHOPEE

Janah, Fitri Zuhrufil (2025) ANALISIS RESEPSI KHALAYAK PEREMPUAN PADA VIRTUAL TRY-ON PRODUK KOSMETIK MAYBELLINE DI APLIKASI SHOPEE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (265kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi khalayak perempuan pada virtual try-on produk kosmetik Maybelline di aplikasi Shopee. Fitur ini memungkinkan pengguna mencoba produk secara digital, memberikan pengalaman seolah-olah menggunakan produk secara nyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam dan pendekatan purposive sampling, yang melibatkan perempuan pengguna Shopee. Teori analisis resepsi Stuart Hall digunakan untuk memahami bagaimana khalayak memaknai fitur tersebut dalam konteks konsumsi kosmetik digital. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi tanggapan dari audiens perempuan, mulai dari penerimaan hingga penolakan. Sebagian responden menilai fitur ini memudahkan mereka dalam memilih produk, karena dapat melihat langsung hasil riasan di wajah secara virtual. Namun, sebagian lainnya merasa fitur tersebut kurang akurat, terutama dalam mencerminkan warna dan tekstur asli produk. Interpretasi khalayak pada fitur ini dipengaruhi oleh pengalaman pribadi, ekspektasi terhadap produk, dan kepercayaan terhadap teknologi digital. Temuan ini memberikan wawasan bagi pengembang aplikasi dan merek kosmetik untuk meningkatkan kualitas fitur digital yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Penelitian ini juga memperkaya pemahaman tentang peran teknologi dalam pemasaran kosmetik serta dinamika interaksi digital antara konsumen dan produk.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Erlistyarini, Yulinda
Uncontrolled Keywords: Virtual Try-On, Perempuan, Kosmetik Digital, Resepsi Khalayak, Shopee
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Nov 2025 02:06
Last Modified: 18 Nov 2025 02:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31139

Actions (login required)

View Item View Item