{SKEMA ARTIS} IMPLEMENTASI TEORI NARATIF PADA PENULISAN NASKAH IKLAN DISTREET COFFEE “CUBA SPACE”

Kusuma, Nawang Wibi (2025) {SKEMA ARTIS} IMPLEMENTASI TEORI NARATIF PADA PENULISAN NASKAH IKLAN DISTREET COFFEE “CUBA SPACE”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.96.1375.zip
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan teori naratif pada penulisan naskah iklan Street Coffee “Cuba Space” sebagai strategi komunikasi pemasaran kreatif di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana struktur tiga babak (three-act structure) diaplikasikan dalam naskah iklan dan sejauh mana narasi tersebut mampu merepresentasikan identitas merek. Metode yang digunakan meliputi riset lapangan melalui wawancara, observasi, dan analisis konten, yang dilaksanakan dalam tiga tahap untuk menggali latar belakang, masalah, serta karakteristik produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori naratif mampu meningkatkan daya tarik iklan dengan membangun keterlibatan emosional audiens. Video iklan berdurasi 42 detik dengan tema “POV ngopi habis jogging” berhasil menggabungkan elemen visual yang autentik, humor, dan storytelling yang relatable sehingga memperkuat citra merek sebagai kedai Pedagang kopi pinggir jalan yang ramah dan menyenangkan. Secara akademis, karya ini memberikan kontribusi pada kajian penerapan teori naratif dalam periklanan UMKM, sedangkan secara praktis, karya ini menawarkan model strategi konten yang efektif, hemat biaya, dan berpotensi meningkatkan kesadaran merek di kalangan audiens digital.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Teori Naratif, Struktur Tiga Babak, Iklan Video, Komunikasi Pemasaran Cuba Space
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:36
Last Modified: 17 Nov 2025 06:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31100

Actions (login required)

View Item View Item