Kusuma, Nawang Wibi (2025) {SKEMA ARTIS} IMPLEMENTASI TEORI NARATIF PADA PENULISAN NASKAH IKLAN DISTREET COFFEE “CUBA SPACE”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (342kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (146kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcecode - 19.96.1375.zip Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas penerapan teori naratif pada penulisan naskah iklan Street Coffee “Cuba Space” sebagai strategi komunikasi pemasaran kreatif di media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana struktur tiga babak (three-act structure) diaplikasikan dalam naskah iklan dan sejauh mana narasi tersebut mampu merepresentasikan identitas merek. Metode yang digunakan meliputi riset lapangan melalui wawancara, observasi, dan analisis konten, yang dilaksanakan dalam tiga tahap untuk menggali latar belakang, masalah, serta karakteristik produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori naratif mampu meningkatkan daya tarik iklan dengan membangun keterlibatan emosional audiens. Video iklan berdurasi 42 detik dengan tema “POV ngopi habis jogging” berhasil menggabungkan elemen visual yang autentik, humor, dan storytelling yang relatable sehingga memperkuat citra merek sebagai kedai Pedagang kopi pinggir jalan yang ramah dan menyenangkan. Secara akademis, karya ini memberikan kontribusi pada kajian penerapan teori naratif dalam periklanan UMKM, sedangkan secara praktis, karya ini menawarkan model strategi konten yang efektif, hemat biaya, dan berpotensi meningkatkan kesadaran merek di kalangan audiens digital.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Teori Naratif, Struktur Tiga Babak, Iklan Video, Komunikasi Pemasaran Cuba Space | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:36 | ||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:36 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

