STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN WISATA VW BOROBUDUR DI PAGUYUBAN WIRA WIRI

Aditya, Dimas (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN WISATA VW BOROBUDUR DI PAGUYUBAN WIRA WIRI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (948kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)

Abstract

Paguyuban Wira Wiri adalah salah satu kemitraan yang berfokus pada layanan pariwisata. Agar bisnis di sektor pariwisata dapat memenuhi tuntutan klien mereka yang beragam, mereka membutuhkan karyawan yang berpengetahuan luas, tepercaya, dan dapat diandalkan, serta rencana layanan yang solid. Dalam hal layanan, industri pariwisata didominasi oleh administrator media sosial dan pengemudi. Admin media sosial bertugas untuk melakukan promosi paket wisata, menangani pesanan / booking jasa wisata dan menerima komplain dari nasabah melalui media sosial. Sedangkan driver adalah petugas lapangan yang melayani dan mempertanggungjawabkan trip wisata konsumen. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Asosiasi Wira Wiri berencana mempromosikan layanan wisata VW Borobudur dan variabel apa yang akan membantu dan menghambat upaya mereka. Penelitian lapangan menggambarkan jenis penelitian ini. Untuk mengumpulkan data bagi sebuah laporan ilmiah, peneliti sering melakukan apa yang dikenal sebagai penelitian lapangan, yaitu meluangkan waktu di dunia nyata untuk melihat dan mencatat peristiwa-peristiwa objektif. Wawancara dan dokumentasi merupakan alat pilihan untuk mengumpulkan data. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa, “strategi komunikasi pelayanan admin sosial media dan driver pada Paguyuban Wira Wiri dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, yaitu menggunakan strategi dasar yaitu bersikap ramah dan komunikatif yang selalu diperhatikan, sementara strategi utamanya adalah Responiveness (Cepat Tanggap), Competence (Kompeten), Credibility (Dapat dipercaya), Contribution (Kontribusi), Honesty (Kejujuran), Service Excellent (Pelayanan prima) dan Innovation (Perubahan)”.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Pelayanan, Wisata VW, Borobudur
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:06
Last Modified: 17 Nov 2025 06:06
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31090

Actions (login required)

View Item View Item