Aditya, Dimas (2025) STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN WISATA VW BOROBUDUR DI PAGUYUBAN WIRA WIRI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (948kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (263kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (554kB) |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
Abstract
Paguyuban Wira Wiri adalah salah satu kemitraan yang berfokus pada layanan pariwisata. Agar bisnis di sektor pariwisata dapat memenuhi tuntutan klien mereka yang beragam, mereka membutuhkan karyawan yang berpengetahuan luas, tepercaya, dan dapat diandalkan, serta rencana layanan yang solid. Dalam hal layanan, industri pariwisata didominasi oleh administrator media sosial dan pengemudi. Admin media sosial bertugas untuk melakukan promosi paket wisata, menangani pesanan / booking jasa wisata dan menerima komplain dari nasabah melalui media sosial. Sedangkan driver adalah petugas lapangan yang melayani dan mempertanggungjawabkan trip wisata konsumen. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Asosiasi Wira Wiri berencana mempromosikan layanan wisata VW Borobudur dan variabel apa yang akan membantu dan menghambat upaya mereka. Penelitian lapangan menggambarkan jenis penelitian ini. Untuk mengumpulkan data bagi sebuah laporan ilmiah, peneliti sering melakukan apa yang dikenal sebagai penelitian lapangan, yaitu meluangkan waktu di dunia nyata untuk melihat dan mencatat peristiwa-peristiwa objektif. Wawancara dan dokumentasi merupakan alat pilihan untuk mengumpulkan data. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa, “strategi komunikasi pelayanan admin sosial media dan driver pada Paguyuban Wira Wiri dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, yaitu menggunakan strategi dasar yaitu bersikap ramah dan komunikatif yang selalu diperhatikan, sementara strategi utamanya adalah Responiveness (Cepat Tanggap), Competence (Kompeten), Credibility (Dapat dipercaya), Contribution (Kontribusi), Honesty (Kejujuran), Service Excellent (Pelayanan prima) dan Innovation (Perubahan)”.
| Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
|---|---|---|---|
| Contributor: |
|
||
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Pelayanan, Wisata VW, Borobudur | ||
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
| Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
| Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 06:06 | ||
| Last Modified: | 17 Nov 2025 06:06 | ||
| URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/31090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

