PEMBUATAN AUGMENTED REALITY TENTANG PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE IMAGE TRACKING VUFORIA PADA TK MEKAR SIWI

Sugiarto, Bayu (2015) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY TENTANG PENGENALAN HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE IMAGE TRACKING VUFORIA PADA TK MEKAR SIWI. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER - ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (682kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 12.01.3071 Bayu Sugiarto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (206MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini merupakan kesempatan emas untuk menjadikan beberapa aspek kehidupan sebagai media untuk meningkatkan kualitas, misalnya dibidang pendidikan. Kehadiran multimedia dalam media pembelajaran dan proses belajar-mengajar memiliki peran yang cukup penting. Augmented Reality dapat menjadi salah satu inovasi media pembelajaran, teknologi ini adalah teknologi yang menggabungkan objek maya atau virtual dengan lingkungan nyata. Pembuatan aplikasi media pembelajaran interaktif menggunakan teknologi augmented reality ini akan diterapkan pada smartphone berbasis Android dan didesain untuk pembelajaran anak usia dini khususnya pada TK Mekar Siwi. Dalam aplikasi ini terdapat objek hewan 3D yang dibuat menggunakan aplikasi Blender, dengan Unity sebagai game engine dan Vuforia sebagai library. Cara penggunaanya adalah dengan mengarahkan kamera smartphone pada marker atau penanda yang telah tersedia. Kemudian dilayar smartphone akan muncul objek 3D hewan beserta penjelasannya, dibantu dengan tombol virtual yang akan mempermudah user dalam menggunakan aplikasi ini. Pembuatan aplikasi ini diharapkan akan membantu meningkatkan pemahaman dan partisipasi anak dalam belajar mengenal hewan di sekitar lingkungan.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Unity, Vuforia, 3D,
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Nov 2022 03:12
Last Modified: 27 Nov 2023 08:00
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9997

Actions (login required)

View Item View Item