GAMIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PKN TENTANG KEBUDAYAAN INDONESIA (STUDI KASUS IMPLEMENTASI KURIKULUM KTSP KELAS VII DI SMP N 2 KUTOWINANGUN)

Nuariputra, Restu (2016) GAMIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PKN TENTANG KEBUDAYAAN INDONESIA (STUDI KASUS IMPLEMENTASI KURIKULUM KTSP KELAS VII DI SMP N 2 KUTOWINANGUN). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 12.11.6666 Restu Nuariputra.zip
Restricted to Repository staff only

Download (499B)

Abstract

Pemanfaatan perkembangan teknologi saat ini, banyak membantu memudahkan kita dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah membantu menambah wawasan kebudayaan Indonesia. Dengan melihat semakin berkurangnya minat generasi bangsa saat ini khususnya pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam mempelajari keanekaragaman kebudayaan bangsa Indonesia, serta semakin kompleksnya panduan pembelajaran, tetapi masih menggunakan metode pengajaran yang tradisional dan kurang interactive maka mencoba untuk membuatkan aplikasi Gamifikasi Media Pembelajaran PKN Tentang Kebudayaan berbasis flash. Aplikasi Gamifikasi Media Pembelajaran PKN Tentang Kebudayaan ini diharapkan dapat menambah wawasan peserta didik tentang kebudayaan Indonesia. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan bagi tenaga pendidik untuk melakukan evaluasi pengetahuan peserta didiknya melalui menu kuis tentang gambaran besar kebudayaan Indonesia dengan rincian penilaian yang telah tersedia dalam game. Aplikasi game ini akan coba di implementasikan di SMP Negeri 2 Kutowinangun, Kebumen dengan berpanduan pada kurikulum KTSP.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Sudarmawan
Uncontrolled Keywords: Game, Media pembelajaran, PKN SMP, Game kebudayaan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:13
Last Modified: 21 Nov 2023 02:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9790

Actions (login required)

View Item View Item