Aji, Imam Ma’ruf Dwi (2022) PENERAPAN METODE POLYGONAL MODELING DAN METODE UNWRAPPING TEXTURING DALAM PEMODELAN 3D REALISTIS TOKOH MANUSIA MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK AUTODESK MAYA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (627kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (378kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (439kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2579 Imam Ma'ruf Dwi Aji.rar Restricted to Repository staff only Download (83MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2579 Imam Ma'ruf Dwi Aji.pdf Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
Abstract
Objek 3D adalah komponen yang sangat berperan dalam memajukan industri kreatif. Objek 3D yang sering ada di dalam sebuah film atau game adalah tokoh humanoid atau manusia. Dalam skripsi ini, penulis berusaha untuk memodelkan objek manusia menjadi objek 3D komputer yang realistis. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik yang paling efisien untuk mengubah bentuk poligon sederhana menjadi bentuk tubuh manusia, serta menyajikan bentuk tubuh manusia serealistis mungkin dalam objek 3D komputer. Dalam proses perancangan objek 3D ini, untuk mendapatkan bentuk dasar objek, proporsi objek, dan tekstur objek, penulis menggunakan metode pengambilan data secara kualitatif dimana penulis melakukan studi analisis dan observasi mengenai bentuk bagian-bagian tubuh manusia, dan bagaimana tekstur dari permukaan kulit manusia. Metode pengolahan data terbagi menjadi dua tahap. Yaitu modeling menggunakan teknik poly modeling yang dilakukan di perangkat lunak Autodesk Maya, dan texturing dengan menggunakan teknik unwrapping yang dilakukan di perangkat lunak Autodesk Maya dan Substance Painter. Dengan menggunakan teknik-teknik yang tersedia di dua perangkat lunak tersebut, Autodesk Maya dan Substance Painter, hasil akhir yang didapat adalah sebuah objek 3D manusia yang realistis secara bentuk, proporsi, dan tekstur.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D modeling, realistis, poly modeling, unwrapping, Autodesk Maya | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Oct 2022 06:57 | ||
Last Modified: | 31 Jul 2023 07:55 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9588 |
Actions (login required)
View Item |