IMPLEMENTASI TEKNIK RIGGING PADA FILM ANIMASI 2D “HANTU KEDAI KOPI”

Rahmadtullah, Muhammad (2022) IMPLEMENTASI TEKNIK RIGGING PADA FILM ANIMASI 2D “HANTU KEDAI KOPI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (566kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-17.82.0006-Muhammad Rahmadtullah - Muhammad Rahmadtullah.rar
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.82.0006 Muhammad Rahmadtullah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)

Abstract

nimasi 2D berkembang pesat di era digital saat ini. Animasi 2D memiliki banyak peran di masyarakat salah satunyaa adalah menjadi media hiburan. Animasi 2D merupakan menggerakkan objek yang bersifat datar atau dua dimensi agar terlihat hidup. Animasi 2D biasanya dibuat dengan cara menggambar satu per satu di setiap frame atau biasa dikenal dengan frame by frame. di era modern saat ini animasi tidak hanya menggunakan teknik frame by frame namun menggunakan beberapa teknik salah satunya yaitu teknik rigging. teknik rigging adalah proses pemasangan tulang atau kerangka pada karakter. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, metode observasi, dan metode kuesioner. Metode kepustakaan adalah metode mencari sumber dari buku atau jurnal. metode observasi merupakan merupakan metode mengamati berbagai film animasi 2D untuk dijadikan sebuah acuan dalam pembuatan produk. Metode kuesioner merupakan metode pengumpulan data yang berisikan pertanyaanpertanyaan secara online maupun offline kepada responden untuk diberikan respon sesuai dengan permintaan penulis. Mengimplementasikan teknik rigging dalam proses pembuatan animasi 2D ”Hantu Kedai Kopi” dengan menggunakan software Adobe Photoshop, Moho 13, dan Adobe Premiere Pro dapat mempermudah dalam pengerjaan animasi karena memiliki tahapan yang sedikit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Animasi saat ini banyak sekali digunakan sebagai media hiburan terutama animasi horor. Film animasi ini dirancang untuk memunculkan rasa takut, menyeramkan, dan disertai dengan hal-hal yang lucu.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Film animasi, 2D, teknik rigging
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Oct 2022 06:43
Last Modified: 31 Jul 2023 04:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9575

Actions (login required)

View Item View Item