PERANCANGAN RIGGING KARAKTER MANUSIA MENGGUNAKAN PLUGIN HUMAN INVERSE KINEMATICS

Azmi, Jahid Ulul (2015) PERANCANGAN RIGGING KARAKTER MANUSIA MENGGUNAKAN PLUGIN HUMAN INVERSE KINEMATICS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 11.11.5117 Jahid Ulul Azmi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Animasi merupakan media hiburan yang sangat disukai oleh setiap kalangan, baik dewasa maupun anak-anak. Animasi 3D banyak digunakan dalam proses pembuatan film karena lebih mudah dalam penerapannya. Agar dapat menghasilkan animasi 3D yang menarik, banyak tahapan-tahapan yang harus dilalui, diantaranya yaitu Rigging. Rigging adalah suatu proses pemberian struktur tulang pada objek 3D, sehingga objek tersebut bisa digerakan lebih mudah. Dalam proses rigging pada karakter manusia, sangatlah rumit, dan membutuhkan waktu yang cukup lama, terlebih lagi jika itu dilakukan secara manual. Untuk mempermudah dan mempercepat dalam proses rigging pada karakter manusia, yaitu dengan cara menerapkan tools atau plugin Human Inverse Kinematics. Ada beberapa tahapan dalam perancangan rigging karakter manusia menggunakan plugin human inverse kinematics ini. Yaitu tahap pengembangan yang meliputi : pembuatan alur kerja produksi , tahap pra produksi yang meliputi : perancangan desain karakter, pengumpulan bahan tekstur, tahap produksi yang meliputi : pembuatan model karakter 3D dan pembuatan rigging karate, serta tahapan yang terakhir tahap pasca produksi yang meliputi : pembuatan controller.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Animasi 3D, Rigging, Plugin Human Inverse Kinematics.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:51
Last Modified: 21 Nov 2023 07:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9448

Actions (login required)

View Item View Item