IMPLEMENTASI OBJEK 3-DIMENSI KE APLIKASI 2-DIMENSI MENGGUNAKAN TEKNIK RENDERING SEQUENCE PADA PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA

Saqwani, A. Dwirama Subyan (2015) IMPLEMENTASI OBJEK 3-DIMENSI KE APLIKASI 2-DIMENSI MENGGUNAKAN TEKNIK RENDERING SEQUENCE PADA PERANCANGAN APLIKASI MULTIMEDIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 11.11.5505 A. Dwirama Subyan Saqwani.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1GB)

Abstract

Objek 3-Dimensi saat ini sedang dan terus mengalami perkembangan untuk menghasilkan sebuah karya visual yang lebih nyata. Hal tersebut akan menggeser karya visual 2-Dimensi untuk lebih interaktif. Dari dasar pemikiran ini penulis akan mengimplementasikan objek 3-Dimensi berupa desain bangunan rumah ke dalam aplikasi multimedia 2-Dimensi. Dalam penerapannya, penulis meyakini file aplikasi akan menjadi besar apabila proses penggabungan dari objek 3-Dimensi ke dalam aplikasi menggunakan format video, maka penulis akan menggunakan teknik sequence untuk memininalkan ukuran dari file aplikasi. Proses awal perancangan aplikasi multimedia ini dimulai dengan membuat model 3-Dimensi untuk digunakan sebagai objek menggunakan software Blender. Sedangkan untuk perancangan aplikasi multimedia2-Dimensi sebagai environment menggunakan Adobe Flash CS3. Proses implementasi objek 3Dimensi dengan environment 2-Dimensi dilakukan dengan teknik image sequence ketika proses render 3D dan import ke dalam aplikasi multimedia. Penelitian ini akan menghasilkan aplikasi multimedia yang dapat menggabungkan teknik 3-Dimensi dan 2-Dimensi dengan visual objek yang berbentuk 3-Dimensi secara interaktif. Manfaat dari pembuatan aplikasi multimedia ini untuk memberikan kesan baru dalam bidang multimedia di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: 3D, 2D, Image Sequence.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:01
Last Modified: 23 Nov 2023 01:26
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9356

Actions (login required)

View Item View Item