PERANCANGAN DAN PENGAPLIKASIAN 3D MODELING UNTUK BACKGROUND/ENVIRONMENT MENGGUNAKAN TEKNIK CEL SHADING DAN DIGITAL PAINTING PADA FILM ANIMASI 2D “TIDURLAH”

Adjie, Resnafian Khrisna (2021) PERANCANGAN DAN PENGAPLIKASIAN 3D MODELING UNTUK BACKGROUND/ENVIRONMENT MENGGUNAKAN TEKNIK CEL SHADING DAN DIGITAL PAINTING PADA FILM ANIMASI 2D “TIDURLAH”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (765kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (COVER - ABSTRAK)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-16.11.0792-Resnafian Khrisna Adjie - Resnafian Khrisna Adjie.rar
Restricted to Repository staff only

Download (154MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.11.0792-Resnafian Khrisna Adjie - Resnafian Khrisna Adjie.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)

Abstract

Animasi menurut Vaughan (2004) adalah usaha untuk membuat presentasi statis menjadi hidup. Saat ini masih kita jumpai animasi yang dikerjakan secara frame by frame dengan media kertas asli. Seiring perkembangan zaman animasi 2D sudah mulai dikerjakan secara digital dengan digambar tangan. Teknologi berkembang hingga muncul teknologi berbasis 3D, hal ini juga mempengaruhi perkembangan teknik yang digunakan pada pembuatan sebuah animasi. Animasi 3D sudah menggunakan komputer secara sepenuhnya dalam proses produksi. Sangat mungkin juga teknologi 2D dan 3D disatukan untuk membuat sebuah animasi agar proses produksinya lebih efisien dan efektif. Seperti halnya menggambar objek perspective, objek ukuran kecil, benda dalam jumlah banyak, dan konsistensi dari ukuran sebuah objek, terlebih jika dalam sebuah scene tersebut memiliki movement kamera akan memakan waktu lama dalam proses produksi jika sepenuhnya dikerjakan menggunakan teknik frame by frame. Metode yang digunakan adalah perancangan, dengan melakukan perancangan pada film animasi 2D yang difokuskan pada pembuatan dan pengaplikasian 3D modeling untuk background/environment menggunakan teknik cel shading dan digital painting. Setelah perancangan selesai akan dilakukan metode pengujian dengan menggunakan implementasi storyboard, melakukan uji coba teknik cel shading dan digital painting, serta kesesuaian teknik yang dipakai dalam animasi. Hasil dari pengujian berupa evaluasi dan hasil ulasan dari penelitian mengenai penggunaan serta implementasi modeling 3D dengan teknik cel shading dan digital painting untuk animasi 2D “Tidurlah”. Oleh karena itu, perancangan 3D modeling pada animasi 2D dengan menggunakan teknik cel shading dan digital painting dibuat untuk nantinya bisa mencapai tujuan akhir yaitu peracangan secara ringkas dan efektif sehingga membantu dalam proses produksinya. Selain itu juga diharapkan penerapan teknik digital painting untuk proses detailing pada background/environment dari gambar hasil render 3D bisa nampak seperti digambar tangan secara digital atau 2D dengan baik serta efektif. Lalu tujuan lainnya agar dapat mempermudah dalam penentuan berbagai sudut perspektif yang dibutuhkan dalam penentuan background untuk mempersingkat waktu dalam proses produksi yang membutuhkan banyaknya perspektif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Cel shading, Digital painting, Animasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jun 2022 08:04
Last Modified: 09 Aug 2023 07:34
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item