Armansyah, Muhammad (2016) RANCANG BANGUN APLIKASI GAME PENGENALAN MOTIF BATIK TRADISIONAL INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (804kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (277kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (715kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Sourcode 12.11.6639 Muhammad Armansyah.zip Restricted to Repository staff only Download (36MB) |
Abstract
Batik sudah ada sejak lama di Indonesia, tetapi bertambah popular ketika United Nations Educational, Scientific, culture Organization (UNESCO) memberikan pengakuan dan mengesahkan secara Resmi batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia (World Heritage ) pada tanggal 2 Oktober 2009. Dalam sejarah pengembanganya batik mengalami perkembangan, yaitu dari motif lukisan binatang dan tanaman, lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan motif lukisan dengan seni dekorasi pakaian , muncul batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini. Dengan adanya teknologi informasi yang berkembang saat ini, maka masyarakat dapat mengenal ragam motif batik tradisional Indonesia melalui berbagai macam media, salah satunya aplikasi edukasi yang dapat dijalankan di Smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi edukasi pengenalan motif batik tradisional Indonesia. Motif batik yang dibahas dalam penelitian ini adalah kawung , motif ceplokan, motif batik trentum, motif batik parang kusuma, motif batik pari kesit. Selain itu terdapat pula informasi mengenai peralatan batik mewarnai batik dengan aneka motif yang sudah di sediakan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pengembangan multimedia yang terdiri dari concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Implementasi aplikasi ini dibuat dengan menggunakan game maker studio dan bahasa pemrograman game maker languange.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Teknologi Informasi, Batik | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Oct 2022 08:44 | ||
Last Modified: | 21 Nov 2023 03:37 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9279 |
Actions (login required)
View Item |