Rachman, Andri (2016) RANCANGAN APLIKASI PERMAINAN EDUKASI THING FLASH IQRA’ PADA ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (962kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (227kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (35kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 10.11.3632 Andri Rachman.zip Restricted to Repository staff only Download (56MB) |
Abstract
Pendidikan agama harus diterapkan sejak dini. Salah satu pokok bahasan mengenai pendidikan agama adalah pemahaman tentang pedoman hidup, yaitu kitab suci Al-Quran. Huruf yang digunakan dalam Al-Quran adalah huruf Arab. Sehingga sebagai orang Indonesia akan menemui kesulitan untuk mempelajarinya dan banyak dari mereka buta Al-Quran. Melihat permasalahan yang terjadi maka diperlukan suatu sistem pembelajaran efektif dan menarik yaitu melalui teknologi game mobile. Perkembangan industri permainan mobile semakin meningkat memotivasi para pengembang permainan mobile untuk membuat inovasi baru suatu sistem pembelajaran efektif berbasis android. Aplikasi yang dikembangkan merupakan aplikasi permainan mobile edukasi yang mengajarkan huruf arab dasar kepada pemainnya, dengan membuat aplikasi yang dapat mempermudah proses pembelajaran huruf Arab. Beberapa pertanyaan yang muncul: Bagaimana merancang suatu aplikasi permainan edukatif yang menarik dalam kegiatan belajar IQRA‟ pada Android? Bagaimana merancang dan membuat sebuah game android menggunakan Adobe Flash? Pada Skripsi ini, peneliti melakukan observasi untuk mengetahui keadaan lapangan, dalam hal ini untuk mengetahui berbagai kondisi sekarang dalam memainkan game di smartphone. Tahapan paling awal dari pengembangan sistem yang menjadi fondasi keberhasilan sistem yaitu melakukan analisis game untuk memahami dan menspesifikasikan dengan detail apa yang harus dilakukan oleh game mencakup analisis kebutuhan game, analisis kebutuhan fungsional, analisis kebutuhan non-fungsional (perangkat keras dan lunak). Peneliti melakukan perancangan konsep game dan perancangan antar muka. Permainan ini dibangun dengan menggunakan Adobe Flash CS5.5 dan Adobe Air sebagai runtime aplikasinya. Untuk melihat kelayakan game peneliti melakukan uji coba game. Uji coba akan dilakukan dengan menggunakan perangkat Android versi 2.3 keatas. Aplikasi yang dihasilkan berupa suatu game berbasis sistem operasi android yang banyak digunakan dalam smartphone. Suatu aplikasi permainan edukatif Thing Flash IQRA‟ yang dapat membantu mempermudah untuk belajar huruf Arab atau Hijaiyah. Aplikasi ini memiliki unsur text, gambar, suara, video dan animasi. Disamping itu, peneliti juga memberikan saran untuk mengembangkan aplikasi tersebut, dengan tujuan memperluas materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Adobe Air, Adobe Flash CS5.5, Android, IQRA‟, Permainan edukatif. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Oct 2022 06:35 | ||
Last Modified: | 13 Nov 2023 06:48 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9185 |
Actions (login required)
View Item |