Nuarsa, Mulyan (2016) IMPLEMENTASI METODE OBJECT TRACKING PADA PEMBUATAN FILM PENDEK “LEMPAR”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (559kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (226kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (817kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (780kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 09.11.2965 Mulyan Nuarsa.zip Restricted to Repository staff only Download (174MB) |
Abstract
Dunia perfilman dewasa ini berkembang pesat seiring kemajuan teknologi. Banyak industri film layar lebar memanfaatkan teknologi komputer untuk memproduksi filmnya, karena banyak memberikan kemudahan dalam mengembangkan imajinasi visual yang lebih luas. Tidak hanya film layar lebar, bahkan film televisi pun kini menggunakan teknologi komputer untuk menambahkan animasi 3D sebagai efek visual dalam beberapa adegannya. Tetapi sayangnya di Indonesia, film televisi yang menggunakan animasi 3D sebagai efek visual hanya segelintir saja, dan masih menggunakan metode manual yaitu hanya menempelkan animasi 3D-nya begitu saja pada film, sehingga animasi 3D yang dimaksudkan sebagai efek visual tersebut tidak menyatu dengan filmnya sehingga tidak terlihat realistis. Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah supaya animasi 3D sebagai efek visual menyatu dengan sebuah film, sehingga terlihat realistis. Pada penyusunan skripsi ini berkonsep pada metode object tracking. Metode ini mengkalkulasi gerakan objek dari dalam video yang di-tracking untuk menghasilkan sebuah kamera virtual yang gerakan dan sudut pandangnya sesuai dengan kamera fisik untuk merekam video rekaman tersebut. Dari kamera virtual inilah didapat hasil animasi 3D yang jika digabungkan dengan video akan terlihat menempel dengan video tersebut. Di dalam penyusunan skripsi ini pula dibuat film yang berjudul Lempar dengan karakter yang menggunakan helm animasi 3D sebagai implementasi object tracking-nya dengan menggunakan software Autodesk 3D Studio Max 2014 sebagai software dalam proses modeling 3D, animasi 3D, serta PFtrack 2012 sebagai software dalam pengimplementasian metode object tracking, dan software NukeX 8 sebagai software compositing. Hasil dari implementasi metode object tracking terbukti dapat membuat animasi 3D menempel pada objek dalam film/video, sehingga animasi 3D tersebut seolah-olah berada di dalam tempat yang ada di dalam film/video tersebut.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Autodesk 3D Studio Max 2014, PFtrack, object tracking, CGI, 3D, film. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Oct 2022 06:15 | ||
Last Modified: | 09 Nov 2023 01:48 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8694 |
Actions (login required)
View Item |