STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMSET PERUSAHAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Nimco Indonesia)

Heriyanto, Tafarel Rachmat (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMSET PERUSAHAAN (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Nimco Indonesia). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (905kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (379kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (105kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0782 Tafarel Rachmat.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)

Abstract

Pada masa pandemi, banyak orang yang berpikir untuk membuka usaha dengan modal minimum. Maka beralihlah para produsen fashion menjadi usaha thrift shop. Fenomena thrifting shop itulah yang menjadi ancaman kepada orang yang menjalankan bisnis UKM/UMKM khususnya usaha di bidang fashion. Sehingga penelitian ini perlu dibuat dengan tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dari Nimco Indonesia khususnya penjualan online yaitu Nimco Online Order yang diharapkan dapat menjadi acuan bagi para pelaku UKM/UMKM khususnya di bidang fashion dalam maraknya ancaman thrifting shop. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan marketing mix 4P (Place Price People dan Promotion) yang dilakukan oleh Nimco Indonesia khususnya pada penjualan online yaitu Nimco Online Order. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats) guna meningkatkan omset penjualan Nimco Indonesia khususnya penjualan online. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi products (produk) Nimco dalam strategi campaign Explore Your Passion cukup optimal guna meningkatkan omset dan juga dalam menggaet para konten kreator untuk berkolaborasi ke dalam campaign tersebut, produk yang ditawarkan cukup bervariasi seperti t-shirt, hoodie, dan totebag. Sedangkan pada dimensi place (tempat) Nimco memajang produknya untuk dipasarkan menggunakan e-commerce. Sementara pada price (harga) yang ada pada Nimco dalam strategi campaign Explore Your Passion dapat dibilang cukup bersaing, namun mendapat ancaman dari produk impor terutama produk fashion dari negara China. Yang terakhir pada promotion (promosi) Nimco dalam strategi campaign Explore Your Passion sudah cukup optimal dengan adanya campaign ini, konten yang dibuat oleh para kreator dengan berbagai macam hobi atau passion selalu baru.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Kalis
Uncontrolled Keywords: Thrift shop, Strategi pemasaran, SWOT, 4P Marketing mix
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:05
Last Modified: 02 Aug 2023 04:01
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8680

Actions (login required)

View Item View Item