Sastri, Delia Anggun (2022) IMPLEMENTASI PATHFINDING PADA NON PLAYER CHARACTER DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA A STAR MENGGUNAKAN UNITY 2D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (653kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (195kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (859kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (55kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.82.0485 Delia Anggun Sastri.zip Restricted to Repository staff only Download (1GB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0485 Delia Anggun Sastri.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
Abstract
Artificial intellegence (AI) atau kecerdasan buatan adalah salah satu aspek penting agar sebuah game dapat terlihat realistis. Kecerdasan buatan diimplementasikan pada suatu game untuk membuat game lebih menarik dan tampak lebih real. Pada penelitian ini keceradan buatan diterapkan pada non player character (NPC) dalam farm moon game supaya NPC mampu bergerak dan mampu mengikuti pengaturan yang telah dibuat. Metode yang diterapkan pada NPC dalam penelitian ini adalah pathfinding dan algoritma A Star. Metode pathfinding diterapkan agar NPC mampu bergerak dari suatu titik atau node menuju node lain dengan mencari rute yang terpendek dan efisien. Algoritma A Star diaplikasikan dibanding algoritma yang lain dikarenakan algoritma A Star merupakan salah satu algoritma yang populer dan efektif dalam pencarian rute terpendek. Berdasarkan hasil pengujian, algoritma A star mampu bekerja dengan baik. NPC dapat bergerak dari satu node menuju node lain dengan mencari rute terpendek dan efisien. Pada beberapa percobaan yang dilakukan dengan tujuan NPC dapat bergerak menjadi lebih persegi, mendapat hasil yang kurang sesuai. Hal ini disebabkan oleh tidak menyeluruhnya peta prioritas yang dibuat pada scene. Meskipun terdapat beberapa hasil yang kurang sesuai, hal tersebut tidak berdampak pada proses pencarian rute terpendek yang dilakukan oleh algoritma A Star.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Algoritma A Star, unity, permainan, pathfinding, A Star Algorithm, unity, game, pathfinding | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Oct 2022 08:28 | ||
Last Modified: | 01 Aug 2023 04:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8517 |
Actions (login required)
View Item |