IMPLEMENTASI PATHFINDING PADA NON PLAYER CHARACTER DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA A STAR MENGGUNAKAN UNITY 2D

Sastri, Delia Anggun (2022) IMPLEMENTASI PATHFINDING PADA NON PLAYER CHARACTER DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA A STAR MENGGUNAKAN UNITY 2D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (653kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.82.0485 Delia Anggun Sastri.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1GB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0485 Delia Anggun Sastri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)

Abstract

Artificial intellegence (AI) atau kecerdasan buatan adalah salah satu aspek penting agar sebuah game dapat terlihat realistis. Kecerdasan buatan diimplementasikan pada suatu game untuk membuat game lebih menarik dan tampak lebih real. Pada penelitian ini keceradan buatan diterapkan pada non player character (NPC) dalam farm moon game supaya NPC mampu bergerak dan mampu mengikuti pengaturan yang telah dibuat. Metode yang diterapkan pada NPC dalam penelitian ini adalah pathfinding dan algoritma A Star. Metode pathfinding diterapkan agar NPC mampu bergerak dari suatu titik atau node menuju node lain dengan mencari rute yang terpendek dan efisien. Algoritma A Star diaplikasikan dibanding algoritma yang lain dikarenakan algoritma A Star merupakan salah satu algoritma yang populer dan efektif dalam pencarian rute terpendek. Berdasarkan hasil pengujian, algoritma A star mampu bekerja dengan baik. NPC dapat bergerak dari satu node menuju node lain dengan mencari rute terpendek dan efisien. Pada beberapa percobaan yang dilakukan dengan tujuan NPC dapat bergerak menjadi lebih persegi, mendapat hasil yang kurang sesuai. Hal ini disebabkan oleh tidak menyeluruhnya peta prioritas yang dibuat pada scene. Meskipun terdapat beberapa hasil yang kurang sesuai, hal tersebut tidak berdampak pada proses pencarian rute terpendek yang dilakukan oleh algoritma A Star.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Algoritma A Star, unity, permainan, pathfinding, A Star Algorithm, unity, game, pathfinding
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:28
Last Modified: 01 Aug 2023 04:59
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8517

Actions (login required)

View Item View Item