PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI “COUNT AND CATCH” BERBASIS ANDROID

Firmanto, Haddy (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI “COUNT AND CATCH” BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.82.0348 Haddy Firmanto.rar
Restricted to Repository staff only

Download (157MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0348 Haddy Firmanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)

Abstract

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi khususnya di bidang smartphone Android. Permainan digital yang dapat dimainkan di sistem operasi android juga berkembang dengan cepat. Sehingga bukan hal yang tidak mungkin untuk membuat game edukasi yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk penggunanya. Pengembang memilih perangkat mobile sebagai media pengembangan game ini dikarenakan game berbasis android dapat dimainkan di mana saja dan kapan saja. Game edukasi "Count and Catch" ini dibuat dengan harapan dapat melatih kemampuan kecepatan berhitung pada penggunanya. Dalam melakukan pengembangan game edukasi ini penulis menggunakan metode Game Development Live Cycle (GDLC) yang terdiri dari lima tahapan yaitu pembuatan konsep, pra-produksi, produksi, pengujian, dan perilisan. Di dalam game ini hanya disediakan satu karakter yang dapat dikendalikan oleh pengguna. Di dalam game ini terdapat empat mode. Disetiap mode terdapat beberapa soal berhitung yang harus dijawab dengan benar oleh pemain untuk dapat memuat soal berikutnya. Pemain dapat menjawab soal dengan cara mengarahkan karakter menuju angka yang terdapat pada layar sebagai jawaban dari soal yang diberikan. Berdasarkan hasil uji alpha menggunakan metode blackbox, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat eror atau kesalahan sistem pada aplikasi game edukasi Count and Catch dan aplikasi game Count and Catch dapat dijalankan dengan baik. Dan berdasarkan hasil keseluruhan perhitungan menggunakan skala likert pada persentase tanggapan pemain terhadap game Count and Catch mendapatkan persentase 91,72 % yang menunjukkan bahwa tanggapan pemain terhadap aplikasi game Count and Catch adalah sangat baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi, Android, Berhitung, Game Development Life Cycle (GDLC), Game, Educational, Android, Numeracy, Game Development Life Cycle (GDLC)
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Oct 2022 07:57
Last Modified: 01 Aug 2023 04:39
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8503

Actions (login required)

View Item View Item