Octaria, Ocean (2022) IMPLEMENTASI CLAYMATION PADA ANIMASI 3D “BLOBBY” DENGAN TEKNIK CLAY SHADER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (905kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (947kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (72kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.60.0040 Ocean Octaria.zip Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.60.0040 Ocean Octaria.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) |
Abstract
Blobby adalah animasi pendek tiga dimensi yang bercerita tentang keserakahan dari sebuah makhluk. Animasi ini menerapkan teknik tiga dimensi untuk dapat memvisualisasikan adegan pada karakter dengan teknik keymesh. Pada cerita ini terdapat konsep tanah liat seperti animasi stop motion maka penulis memvisualisasikan tanah liat pada cerita ini dengan teknik shader prosedural berupa clay shader. Fitur clay shader dapat membuat detail retakan pada tanah liat baik dengan menggunakan rendering engine cycles maupun eeves. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk Menjadi bahan referensi untuk Mahasiswa dan masyarakat umum untuk membuat penelitian yang berhubungan dengan pembuatan film animasi 3D menggunakan teknik clay shader. Metode yang digunakan untuk pembuatan penelitian ini adalah pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode referensi. Metode produksi yang meliputi tahap pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Metode evaluasi digunakan untuk mengetahui kesesuaian dalam implementasi yang dilakukan pada animasi Blobby. Berdasarkan hasil dari alpha testing bahwasanya kebutuhan fungsional pada video animasi 3D “Blobby” sudah terpenuhi. Berdasarkan hasil perhitungan kuisioner tentang faktor tampilan video terpenuhi dengan indeks kategori “Sangat Baik”. Saran untuk penelitian ini dapat memperhalus shading dan texture dan lebih menerapkan prinsip-prinsip animasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animation, 3D, Claymation, Shader, Animation, 3D, Claymation, Shader | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Oct 2022 04:25 | ||
Last Modified: | 01 Aug 2023 04:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8477 |
Actions (login required)
View Item |