PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TENTANG BANGUN RUANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR PADA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SDN Tanjung, Muntilan)

Ubaya, Dalla Balya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TENTANG BANGUN RUANG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR PADA SISWA SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SDN Tanjung, Muntilan). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.1952 Dalla Balya Ubaya.apk
Restricted to Repository staff only

Download (63MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.1952 Dalla Balya Ubaya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (566kB)

Abstract

Pesatnya kemajuan teknologi membuat perubahan yang sangat besar dalam pendidikan, dengan kemajuan teknologi kita dapat memanfaatkan untuk proses penyampaian materi dengan sebuah object 3D Salah satu teknologi yang dapat digunakan dalam pendidikan yaitu teknologi augmented reality. Penyampaian materi merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran matematika. Dengan memanfaatkan teknologi ini dapat membantu proses pembelajaran secara efisien serta meningkatkan minat para siswa dalam belajar. Perancangan pengembangan aplikasi berbasis teknologi Augmented Reality yang digunakan sebagai media pembelajaran interaktif untuk membantu siswa Sekolah Dasar memahami bentuk bentuk bangun ruang yang bersifat 3D dengan memanfaatkan fitur pada smartphone android. Dalam penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari concept, design,material collecting, assembly, dan testing.Aplikasi media pembelajaran ini memerlukan marker untuk menampilkan sebuah objek 3 dimensi.Dalam Pembuatan aplikasi ini digunakan perangkat lunak (software) unity 3D dan vuforia untuk menampilkan sebuah objek 3D dengan mendeteksi marker. Dengan penyampaian materi pembelajaran menggunakan Augmented Reality ini dapat membantu para siswa untuk belajar materi bangun ruang. Hasil penelitian berupa aplikasi Augmented Reality dapat digunakan sebagai sarana dalam penyampaian pelajaran matematika pada materi bangun ruang. Dan dapat digunakan untuk mengganti alat peraga dalam mempelajari materi bangun ruang di rumah.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pujastuti, Eli
Uncontrolled Keywords: Android, Augmented Reality, Media Interaktif , Multimedia Development Life Cycle.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Oct 2022 04:18
Last Modified: 02 Aug 2023 07:04
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8472

Actions (login required)

View Item View Item