PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HEWAN MAMALIA PADA SD MUHAMMADIYAH SAGAN DI KOTA YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID

Alfarisi, Ivandiyo (2022) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN HEWAN MAMALIA PADA SD MUHAMMADIYAH SAGAN DI KOTA YOGYAKARTA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (606kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2001 Ivandiyo Alfarisi.apk
Restricted to Repository staff only

Download (67MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2001 Ivandiyo Alfarisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)

Abstract

SD Muhammadiyah Sagan adalah salah satu institusi pendidikan yang berada di Kota Yogyakarta, dalam memberikan pengajaran tentang hewan masih dilakukan dengan memberikan penjelasan secara langsung atau memberikan gambar di buku atau kertas. Media pembelajaran ini belum bisa memberikan hasil yang maksimal dalam penyampaiannya. Metode pembelajaran konvensional yang biasa kita sebut media buku, hanya memberikan visualisasi yang simpel dalam bentuk gambar, yang mana pada masa sekarang terlihat ketinggalan jaman dan kurang interaktif. Dengan menggunakan augmented reality bisa di perkirakan dalam proses mengajar pengenalan hewan bisa dibuat menjadi lebih menarik, karena augmented reality memberikan objek 3D. Aplikasi augmented reality ini akan bekerja di sistem operasi android jadi proses pengenalan hewan bisa menjadi lebih menarik karena bersifat mobile. Siswa menjalankan aplikasinya via smartphone ,lalu aplikasi akan membaca tanda dan akan memunculkan hewan mamalia ini dalam bentuk 3d.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Rahmi, Alfie Nur
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Unity 3D, Vuforia, Edukasi, Aplikasi Android.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:54
Last Modified: 02 Aug 2023 07:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8459

Actions (login required)

View Item View Item