Siregar, Dohar (2022) PEMBUATAN PERMAINAN “SHOOTERTANK” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANGKA PADA UNITY 3D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (372kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (37kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code 17.82.0172 Dohar Siregar.7z Restricted to Repository staff only Download (400MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.82.0172 Dohar Siregar.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pada umumnya pembelajaran angka disalurkan dengan cara menyampaikan materi pelajaran sekolah. Penyempaian materi pada jam pelajaran yang panjang, dan penjelasan materi pelajaran yang kadang sulit di pahami membuat peserta didik yang diajarnya jadinya kebanyakan jenuh dan merasa bosan. Karena itulah yang membuat peserta didik jadi kurang memahami pelajaran dan menjadikannya tidak tertarik terhadap pelajaran dan kebanyakan juga dijaman sekarang peserta didik lebih tertarik dengan permainan digital yang bisa dimainkan menggunakan smartphone atau perangkat komputer. Dan banyak juga permainan digital yang ada unsur edukasi seperti fisika, matematika, bahasa indonesia dan edukasi lainnya yang mencoba mengajarkan pada pemainnya edukasi yang ringkas dan sangat menarik dan bisa menjadi solusi alternatif untuk memahami pelajaran.Metode penelitian yang digunakan untuk merancang sebuah game digital agar penelitian ini dapat menghasilkan karya yang berkualitas, maka penulis menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle), GDLC adalah suatu proses pengembangan sebuah game yang terdiri dari 6 fase pengembangan,dimulai dari fase inisialisasi/pembuatan konsep, preproduction, production, testing, beta dan realease.Berdasarkan perhitungan diatas jumlah persentasi yang dipilih Sangat Baik oleh responden sebesar 38.33% untuk game ShooterTankMedia pembelajaran angka dapat dimodelkan kedalam bentuk permainan digital yang diberi nama "ShooterTank", dimana permainan tersebut dapat dibuat menggunakan Game Engine Unity3D.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pembuatan, Unity3D, Game, Matematika, Media, Pembelajaran, Making, Unity3D, Games, Math, Media, Learning. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Oct 2022 03:54 | ||
Last Modified: | 01 Aug 2023 04:10 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8450 |
Actions (login required)
View Item |