PEMBUATAN PERMAINAN “SHOOTERTANK” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANGKA PADA UNITY 3D

Siregar, Dohar (2022) PEMBUATAN PERMAINAN “SHOOTERTANK” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANGKA PADA UNITY 3D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 17.82.0172 Dohar Siregar.7z
Restricted to Repository staff only

Download (400MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.82.0172 Dohar Siregar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada umumnya pembelajaran angka disalurkan dengan cara menyampaikan materi pelajaran sekolah. Penyempaian materi pada jam pelajaran yang panjang, dan penjelasan materi pelajaran yang kadang sulit di pahami membuat peserta didik yang diajarnya jadinya kebanyakan jenuh dan merasa bosan. Karena itulah yang membuat peserta didik jadi kurang memahami pelajaran dan menjadikannya tidak tertarik terhadap pelajaran dan kebanyakan juga dijaman sekarang peserta didik lebih tertarik dengan permainan digital yang bisa dimainkan menggunakan smartphone atau perangkat komputer. Dan banyak juga permainan digital yang ada unsur edukasi seperti fisika, matematika, bahasa indonesia dan edukasi lainnya yang mencoba mengajarkan pada pemainnya edukasi yang ringkas dan sangat menarik dan bisa menjadi solusi alternatif untuk memahami pelajaran.Metode penelitian yang digunakan untuk merancang sebuah game digital agar penelitian ini dapat menghasilkan karya yang berkualitas, maka penulis menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle), GDLC adalah suatu proses pengembangan sebuah game yang terdiri dari 6 fase pengembangan,dimulai dari fase inisialisasi/pembuatan konsep, preproduction, production, testing, beta dan realease.Berdasarkan perhitungan diatas jumlah persentasi yang dipilih Sangat Baik oleh responden sebesar 38.33% untuk game ShooterTankMedia pembelajaran angka dapat dimodelkan kedalam bentuk permainan digital yang diberi nama "ShooterTank", dimana permainan tersebut dapat dibuat menggunakan Game Engine Unity3D.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, M. Fairul
Uncontrolled Keywords: Pembuatan, Unity3D, Game, Matematika, Media, Pembelajaran, Making, Unity3D, Games, Math, Media, Learning.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:54
Last Modified: 01 Aug 2023 04:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8450

Actions (login required)

View Item View Item