Bayhaqi, Ahlauna Aska (2022) PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MOBILE PRESENSI MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (629kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 19.01.4379 Ahlauna Aska Bayhaqi.rar Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.01.4379 Ahlauna Aska Bayhaqi.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
Abstract
Seven Inc, yang sebelumnya bernama Twelve Inc didirikan di kota Gudeg, Jogja, tepatnya di daerah Banguntapan, Bantul oleh Rekario Danny bersama dengan rekan-rekan bisnisnya sejak tahun 2012. Perusahaan ecommerce ini identik dengan anak muda sebagai punggawanya. Di tahun 2017, nama Twelve Inc berganti menjadi Seven Inc dengan harapan membawa semangat baru. Berdasarkan observasi dari peneliti, menemukan bahwa adanya kekurangan pada tampilan visual presensi di Seven Inc seperti informasi yang kurang lengkap dan tampilan yang perlu di perbarui. Berdasarkan dari permasalahan tersebut diperlukan suatu metode pendekatan pemecahan masalah agar memberikan dampak yang baik pada kepada pengguna, maka Seven Inc memerlukan desain User Interface dan User Experience yang baik. Metode pendekatan Design Thinking dipilih dalam penelitian ini karena dalam hal proses penelitian pengguna dilibatkan secara langsung sebagai hal dasar utama pengembangan sistem. Berdasarkan dari perhitungan hasil jawaban responden pada pengujian usability testing yang bertujuan untuk mengukur perancangan user interface aplikasi presensi, pada proses learnability diperoleh angka sebesar 95% dan untuk aspek memorability diperoleh angka 90%. Hasil total keseluruhan dapat disimpulkan bawah 92,5% pertanyaan dapat dijawab oleh responden, sedangkan 7,5% pertanyaan tidak dapat dijawab oleh responden. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil Analisa data usability testing dikatakan berhasil dan sangat baik, berdasarkan tabel 4.4 bahwa range 85-100% menunjukkan hasil Sangat Baik dan Berhasil.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | User interface, user experience, design thinking, usability testing | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Oct 2022 03:12 | ||
Last Modified: | 02 Aug 2023 07:17 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8425 |
Actions (login required)
View Item |