PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA BERBASIS ANIMASI 3D

Saefulloh, Akhmad (2022) PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA BERBASIS ANIMASI 3D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (807kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2256 Akhmad Saefulloh.rar
Restricted to Repository staff only

Download (73MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2256 Akhmad Saefulloh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)

Abstract

Alat musik tradisional indonesia merupakan salah satu tradisi budaya Indonesia yang ada turun-temurun sejak dulu sampai sekarang. Alat musik tradisional sangatlah beragam di indonesia di berbagai daerah dengan ciri khas budaya di setiap daerah tersebut. Semakin berkembangnya zaman modern ini, semakin kurang minat masyarakat khususnya anak muda untuk mengenal tradisi alat musik tradisional Indonesia. Disebabkan juga karena faktor kelangkaan dan mahal untuk produksi alat musik tradisional, dan hanya di gunakan untuk acaraacara adat saja. Pentingnya melestarikan budaya alat musik tradisional indonesia, setidaknya mengetahui budaya bangsa kita ini. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality yang di padukan dengan tradisi alat musik tradisional Indonesia, di buatlah aplikasi pengenalan alat musik tradisional indonesia menggunakan teknologi augmented reality pada penelitian ini. Metode yang di gunakan pada aplikasi augmented reality yaitu metode markerless augmented reality. Metode markerless augmented reality dapat menampilkan objek 3D tanpa membutuhkan penanda (marker). Metode yang di gunakan dalam perancangan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan tahapan concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Proses perancangan ini menggunakan software Unity, EasyAR SDK, dan Blender. Hasil perancangan menghasilkan aplikasi augmented reality berbasis android Pengujian aplikasi yang sudah di buat menggunakan metode alpha test. Aplikasi telah di uji menggunakan 3 perangkat Android yang berbeda, di antaranya Xiaomi Pocophone F1, Oppo F11, dan Sony xperia XZ3. Hasil pengujian aplikasi pada 3 perangkat Android dapat berjalan sesuai dengan tujuan perancangan dan apa yang di harapkan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, alat musik tradisional, Multimedia Development Life Cycle (MDLC), Unity, EasyAR
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Oct 2022 03:05
Last Modified: 02 Aug 2023 07:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8420

Actions (login required)

View Item View Item