ANALISIS DAN IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY FURNITURE RUMAH SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Falah, Muhammad Yusuf Nur (2021) ANALISIS DAN IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY FURNITURE RUMAH SEBAGAI MEDIA PROMOSI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (527kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (210kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_16.61.0098_Muhammad_Yusuf - Muhammad Yusuf Nurfalah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (3kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.61.0098_muhammad yusuf - Muhammad Yusuf Nurfalah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB)

Abstract

Dalam perkembangan teknologi, perusahaan properti telah memanfaatkan teknologi modern, seperti memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Augmented Realitymerupakan sebuah teknologi untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual dengan cara menampilkan objekobjek virtual di dunia nyata secara real time. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menciptakan suatu aplikasi Android dengan menggunakan Augmented Realityyang dapat digunakan untuk menggantikan objek nyata dengan objek virtual 3D sehingga memudahkan pengguna dalam mensimulasikan dekorasi ruangan. Hal ini tentu memudahkan konsumen dalam mendesain ruangan di rumahnya. Augmented Realitydapat mempermudah konsumen menyesuaikan tata letak furnitur dengan ruangan sesuai dengan keinginan, dan bisa menampilkan benda 3D seolah-olah furnitur telah dibeli. Dalam menggunakan Augmented Reality juga memudahkan perusahaan furnitur itu sendiri untuk mencegah terjadinya pengembalian barang, jika konsumen tidak puas dengan barang yang dibeli. Dalam teknologi Augmented Reality ini, akan bisa menampilkan gambar tiga dimensi dari produk funiture yang ada di perusahaan, dengan memindai gambar yang telah disediakan, melalui media yang disebut spidol. Promosi penjualan furnitur menggunakan teknologi AR yang dikembangkan berjalan di platform mobile android dan dibuat dengan menggunakan aplikasi Unity 3D. Metode yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Prototipe SDLC. Dalam pembuatan aplikasi AR ini, ia juga menggunakan Vuforia SDK untuk menyimpan database-nya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Wibowo, Ferry Wahyu
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Perabotan Rumah Tangga
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:05
Last Modified: 10 Aug 2023 01:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item