PERANCANGAN APLIKASI QR CODE SCANNER PADA BENDA KOLEKSI DI MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN KLASTER DAYU

Bintoro, Rully Wahyu (2016) PERANCANGAN APLIKASI QR CODE SCANNER PADA BENDA KOLEKSI DI MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN KLASTER DAYU. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_13.11.6807 Rully Wahyu Bintoro.zip
Restricted to Repository staff only

Download (119MB)

Abstract

Museum Purbakala Sangiran merupakan lokasi penemuan sekaligus memamerkan fosil manusia purba. Sampai saat ini telah ditemukan lebih dari 37.000 fosil di Sangiran. Kawasan Sangiran saat ini telah ditetapkan sebagai World Heritage List (Warisan Budaya Dunia) oleh UNESCO. Seluruh fosil yang ada di Museum Sangiran di kelola oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP). BPSMP mempunyai fungsi pengelolaan benda museum yang bernilai tinggi. Tugas BPSMP adalah mengumpulkan, merawat, pengawetan, pelaksanaan penelitian serta penyajian benda koleksi Museum Sangiran. Terbatasnya media informasi yang terdapat di Museum Purbakala Sangiran Klaster Dayu menyebabkan pengunjung mengalami kesulitan dalam memahami informasi dan ditambah lagi perlu adanya pemandu wisata untuk mendapatkan informasi lebih. Dengan berbagai keterbatasan tersebut, maka perlu dikembangkan aplikasi yang dapat membantu pengunjung untuk mengakses informasi di lingkungan Museum. Aplikasi ini digunakan sebagai media penyampaian informasi bendabenda koleksi yang ada di Museum Dayu. Prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan QR Code yang ditempel di setiap etalase atau tempat untuk pamer barang koleksi di museum tersebut. QR Code tersebut berisi informasi-informasi dari benda koleksi museum tersebut. QR Code dapat di akses melalui Android dari pengunjung dengan cara memindai QR Code tersebut. Ketika QR Code di akses maka akan langsung menampilkan informasi dari barang koleksi tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Duhita, Windha Mega Pradnya
Uncontrolled Keywords: Museum Purbakala Sangiran Klaster Dayu, aplikasi, informasi, android, koleksi, QR Code, rcheological Museum Sangiran Dayu Cluster, applications, information, android, QR Code, collection
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:24
Last Modified: 21 Nov 2023 04:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8288

Actions (login required)

View Item View Item