Mawardi, Yusuf Abdul Aziz (2021) MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH BAYEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (574kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (692kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code_16.12.9497_Yusuf Abdul Aziz Mawardi - Yusuf Abdul Aziz Mawardi.rar Restricted to Repository staff only Download (21MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.12.9497_Yusuf Abdul Aziz Mawardi - Yusuf Abdul Aziz Mawardi.pdf Restricted to Repository staff only Download (656kB) |
Abstract
SD Muhammadiyah Bayen merupakan sekolah dasar yang terdapat di daerah Bayen, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Dalam proses belajar-mengajar khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya masih menggunakan metode pembelajaran manual yaitu menggunakan buku paket yang dijelaskan oleh guru. Media pembelajaran adalah media kreatif yang digunakan dalam memberikan materi pelajaran kepada anak didik sehingga proses belajar mengajar lebih efektif, efisien dan menyenangkan yang juga dilengkapi dengan alat yang dapat dioperasikan oleh pengguna untuk memilih pilihan yang dikehendaki. Aplikasi media pembelajaran ini dibangun menggunakan software Unity dan perangkat pendukung lainnya seperti Corel Draw dan Adobe Photoshop. Metode penelitian dilakukan dengan empat tahap yaitu pengumpulan data, analisis, perancangan, dan pengujian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan kepustakaan. Metode analisis dilakukan dengan analisis SWOT, analisis kebutuhan sistem, anlisis kebutuhan fungsional dan non fungsional. Metode perancangan dilakukan dengan merancang konsep, isi, dan tampilan. Metode pengujian dilakukan dengan black box testing, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain Score. Berdasarkan uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternative belajar mengajar selain menggunakan buku paket. Aplikasi ini diharapkan dapat dikembangkan untuk tema lain sesuai dengan materi yang ada pada modul.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Unity, Penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya, Learning Media, Classification of animals by type of food | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Jun 2022 02:59 | ||
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:12 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/828 |
Actions (login required)
View Item |