Wijaya, Harisin (2016) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI UNTUK MEMPERKENALKAN OBYEK WISATA DI PURWOREJO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (224kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (74kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_12.12.6833 Harisin Wijaya.zip Restricted to Repository staff only Download (45MB) |
Abstract
Game merupakan salah satu media hiburan untuk menghilangkan kejenuhan atau hanya untuk sekedar mengisi waktu luang. Game juga dapat menjadi sebuah media pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan otak seseorang.Game dapat dimainkan dalam berbagai macam device salah satunya adalah smartphone. Android mendominasi dengan pangsa pasar 82,8 % pada tahun 2015 Q2, maka device android dapat dikatakan sebagai device yang memiliki prospek untuk pembuatan game. Pada Skripsi ini, peneliti membuat sebuah game yang berbasiskan Android OS dengan genre puzzle dan kuis. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah GDLC(Game Develoment Life Cycle). Dengan metode perancangan GDD (Game Design Document) dan menggunakan gameengineUnity. Dalam game ini terdapat unsur edukasi yang memperkenalkan daerah wisata di Purworejo beserta sejarah yang ada dikota Purworejo. Edukasi dikemas dalam bentuk pengetahuan dalam deskripsi dan kuis yang akan tampil dimasing-masing level sesuai dengan tema level tersebut. Dalam permainan ini terdapat pemberian score dan score tertinggi.Permainan ini terbagi menjadi 3 tingkat kesulitan, yaitu: mudah, normal dan sulit. Dalam masing-masing tingkat kesulitan memiliki 10 level. Perbedaan dari masing-masing tingkat kesulitan tersebut pada jumlah kuis, potongan puzzle dan faktor pengaliscore. Dimana tingkat kesulitan mudah memiliki 3x3 potongan puzzle, 3 kuis dengan faktor pengali skor 1. Sedangkan tingkat kesulitan normal memiliki 4x4 potongan puzzle, 4 kuis dengan faktor pengali score 2. Yang terakhir tingkat kesulitan sulit memiliki 5x5 potongan puzzle, 5 kuis dengan faktor pengali score 3.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Game Edukasi, Game Android, Game Edukasi Android, Game dengan Unity, Game Android dengan Unity | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:42 | ||
Last Modified: | 20 Sep 2023 02:28 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8240 |
Actions (login required)
View Item |