Putra, I Adiwignya Anindita (2016) PERANCANGAN FILM ANIMASI 3D “SPACE BATTLE” MENGGUNAKAN UNITY 3D GAME ENGINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (964kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (488kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code11.11.4644 I Adiwignya Anindita Putra.zip Restricted to Repository staff only Download (483MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dalam multimedia, terutama animasi tiga dimensi, sudah mencapai titik di mana gambar hasil render animasi terlihat mendekati kenyataan. Dalam dunia game, pemain dapat berinteraksi dan menikmati gambar yang sangat realistik disuguhkan secara realtime. Hal ini dapat dilakukan karena adanya game engine yang me-render suatu adegan secara realtime. Kemampuan ini dapat digunakan pengembang game untuk membuat sebuah cut-scene dimana pemain disuguhkan sebuah cerita yang berganti secara dinamis saat permainan berlangsung. Ketika cutscene tersebut lepas dari sebuah game, maka akan menghasilkan video animasi 3d pendek. Film animasi 3d yang umumnya dibuat menggunakan software animasi tiga dimensi seperti Autodesk Maya, digantikan oleh game engine yang dapat menampilkan animasi yang dirender secara realtme. Penggunaan game engine dalam dunia animasi tiga dimensi yang belum sepopuler penggunaan software animasi menjadi sebuah kasus yang menantang bagi peneliti untuk dikembangkan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kepustakaan, literatur, dan eksperimental lalu peneliti menggunakan analisis kualitatif untuk mencari perbandingan dengan media lain sejenis. Setelah itu, peneliti merancang kebutuhan dari animasi ini seperti cerita, tema, lokasi, perancangan grafis dan storyboard untuk animasi 3D “Space Battle”. Software aplikasi yang diperlukan dalam perancangan ini adalah Unity 5.4, Autodesk Maya 2013, Adobe Photoshop CS6,Adobe Premiere, dan Celtx. Setelah itu peneliti membutuhkan pengujian dari para responden untuk mengetahui kekurangan yang ada pada animasi yang dibuat menggunakan game engine ini. Setelah dilakukan pengambilan data menggunakan metode test screening, rata-rata responden mengaku cukup baik dengan pengembangan animasi 3D “Space Battle” ini dalam sisi visual, audio, maupun grafisnya. Dari hasil tersebut diharapkan agar pembaca dapat mengetahui langkah-langkah pembuatan animasi ini serta diharapkan agar dapat memberikan inspirasi bagpara pengembang animasi lainnya.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Unity, Game Engine, Realtime, Render | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 24 Sep 2022 05:44 | ||
Last Modified: | 09 Nov 2023 03:26 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8199 |
Actions (login required)
View Item |