KOMUNIKASI INSTRUMENTAL GERAKAN BELA BELI KULON PROGO DALAM MEMBANGUN REGIONAL BRANDING

Prayoga, Chandra Putra Adi (2021) KOMUNIKASI INSTRUMENTAL GERAKAN BELA BELI KULON PROGO DALAM MEMBANGUN REGIONAL BRANDING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (571kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18960459-Chandra Putra Adi Prayoga - Chandra Putra Adi Prayoga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)

Abstract

Kemiskinan di Kabupaten Kulon Progo berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012 menunjukan paling tinggi di DIY dengan 23,32% penduduk miskin. Selain itu masyarakat Kulon Progo juga kurang peduli dengan produk lokal dan sering menggunakan produk luar daerah. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo kemudian mengeluarkan kebijakan Bela Beli Kulon Progo untuk mengatasi tingkat kemiskinan dan kurang pedulinya masyarakat dengan produk lokal sekaligus menjadikan program ini untuk membangun regional branding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara untuk mengetahui bagaimana Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengubah perilaku masyarakat untuk membeli produk asli Kulon Progo melalui gerakan Bela Beli Kulon Progo dan regional branding seperti apa yang hendak Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bangun melalui gerakan Bela Beli Kulon Progo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi instrumental dalam program Bela Beli Kulon Progo dilakukan untuk mengubah sikap dan mengubah perilaku masyarakat Kulon Progo untuk lebih menghargai dan membeli produk lokal Kulon Progo. Faktor-faktor yang berpengaruh pada kesuksesan komunikasi program Bela Beli Kulon Progo terdapat tiga hal yaitu faktor sumber, faktor pesan dan faktor komunikan. Melalui program Bela Beli Kulon Progo ini juga membangun regional branding sebagai daerah yang mandiri diamana Kulon Progo lebih memilih memproduksi lalu membelinya sendiri produk yang dihasilkan tersebut. Regional branding yang dibangun tersebut juga berpengaruh terhadap penurunan angka kemiskinan di Kulon Progo dimana tahun 2012 masih terdapat 23,32% penduduk miskin hingga pada tahun 2019 lalu turun menyentuh 17,39 %.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ajibulloh, Alvian Alrasid
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Instrumental, Regional Branding, Bela Beli Kulon Progo
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:12
Last Modified: 09 Aug 2023 02:18
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/739

Actions (login required)

View Item View Item