Prayoga, Chandra Putra Adi (2021) KOMUNIKASI INSTRUMENTAL GERAKAN BELA BELI KULON PROGO DALAM MEMBANGUN REGIONAL BRANDING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (571kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (125kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18960459-Chandra Putra Adi Prayoga - Chandra Putra Adi Prayoga.pdf Restricted to Repository staff only Download (597kB) |
Abstract
Kemiskinan di Kabupaten Kulon Progo berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012 menunjukan paling tinggi di DIY dengan 23,32% penduduk miskin. Selain itu masyarakat Kulon Progo juga kurang peduli dengan produk lokal dan sering menggunakan produk luar daerah. Pemerintah Kabupaten Kulon Progo kemudian mengeluarkan kebijakan Bela Beli Kulon Progo untuk mengatasi tingkat kemiskinan dan kurang pedulinya masyarakat dengan produk lokal sekaligus menjadikan program ini untuk membangun regional branding. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara untuk mengetahui bagaimana Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mengubah perilaku masyarakat untuk membeli produk asli Kulon Progo melalui gerakan Bela Beli Kulon Progo dan regional branding seperti apa yang hendak Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bangun melalui gerakan Bela Beli Kulon Progo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi instrumental dalam program Bela Beli Kulon Progo dilakukan untuk mengubah sikap dan mengubah perilaku masyarakat Kulon Progo untuk lebih menghargai dan membeli produk lokal Kulon Progo. Faktor-faktor yang berpengaruh pada kesuksesan komunikasi program Bela Beli Kulon Progo terdapat tiga hal yaitu faktor sumber, faktor pesan dan faktor komunikan. Melalui program Bela Beli Kulon Progo ini juga membangun regional branding sebagai daerah yang mandiri diamana Kulon Progo lebih memilih memproduksi lalu membelinya sendiri produk yang dihasilkan tersebut. Regional branding yang dibangun tersebut juga berpengaruh terhadap penurunan angka kemiskinan di Kulon Progo dimana tahun 2012 masih terdapat 23,32% penduduk miskin hingga pada tahun 2019 lalu turun menyentuh 17,39 %.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Instrumental, Regional Branding, Bela Beli Kulon Progo | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jun 2022 04:12 | ||
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:18 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/739 |
Actions (login required)
View Item |