Rampen, Chindy Clara (2021) PERANCANGAN MODEL 3D LANDMARK PADA APLIKASI KEBUDAYAAN 3D MENGGUNAKAN TEKNIK POLYGONAL MODELING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (65kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (88kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.82.0045-ChindyClaraRampen - Chindy Clara Rampen.rar Restricted to Repository staff only Download (34MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.82.0045-ChindyClaraRampen - Chindy Clara Rampen.pdf Restricted to Repository staff only Download (862kB) |
Abstract
Teknologi semakin berkembang maka semakin banyak bidang yang ada dan perlu untuk dikembangkan, salah satunya teknologi yang berkembang saat ini adalah teknologi 3 dimensi yang adalah proses menciptakan objek 3d dalam bentuk visual nyata. Monumen dari sebuah kota masih belum mampu membawa nilai identitas kota secara kuat sehingga tidak mudah diingat oleh masyahrakat yang adalah elemen fisik yang membawa nilai untuk memperkuat identitas kota. Landmark pada aplikasi kebudayaan 3d ini adalah salah satu fitur 3d model, yang dibuat sebagai pengenalan monumen dari sebuah kota yang bertujuan mengingatkan masyahrakat tentang budaya yang ada di Indonesia. Dengan menggunakan metode pengembangan, Autodesk Maya 2019, dan software pendukung lainnya. Untuk membuat model 3d menggunakan teknik polygonal modeling yang merupakan metode teknik sederhana, mudah dipelajari dan tidak membutuhkan resource komputer yang besar. Pembuatan model 3d landmark terdiri dari 3 (tiga) kota di pulau jawa yaitu dari Provinsi Jawa Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dan dari Daerah Istimewah Yogyakarta. Proses pembuatan model 3d landmark dilakukan secara bertahap melalui praproduksi, produksi, dan pasca produksi dan menghasilkan sebuah video modeling 3d dengan durasi 33 detik. Dengan demikian model 3d landmark dapat membangkitkan minat masyahrakat agar mau mengenal monumen-monumen yang ada di Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3D, Aplikasi Kebudayaan 3d, Polygonal Modeling, 3d Cultural Applications | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jun 2022 03:44 | ||
Last Modified: | 08 Aug 2023 07:51 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/732 |
Actions (login required)
View Item |