Khasanah, Chan Uswatun (2018) RANCANG BANGUN VIDEO ANIMASI 2D UNTUK ANAK USIA DINI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DAN DIALOG (Studi Kasus: PAUD ‘Aisyiyah Tegalsari). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.1.8160 Chan Uswatun Khasanah.zip Restricted to Repository staff only Download (176MB) |
Abstract
Pendidikan sangat penting dan berguna bagi kemajuan dan perkembangan anak, termasuk di dalamnya adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah bagaimana menanamkan nilai-nilai kebaikan supaya menjadi kebiasaan ketika kelak dewasa atau pada jenjang pendidikan selanjutnya. Anak usia dini merupakan masa yang tepat untuk melakukan pendidikan atau yang biasa dikenal dengan golden age. Metode demonstrasi melatih anak dalam meniru (meneladani) terhadap apa yang dilihat dan didengar oleh anak. Metode dialog dapat menciptakan komunikasi dua arah antara siswa dengan guru sehingga meningkatkan kemampuan anak untuk menyatakan pendapat, gagasan, dan perasaan kepada orang lain. Metode pembelajaran demonstrasi dan dialog membantu siswa dalam menangkap materi yang diberikan oleh guru serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi. Video animasi 2D adalah media pembelajaran yang tepat bagi anak usia dini karena dapat menyajikan pesan melalui audio visual dan gerak dengan karakter animasi yang menarik. PAUD ‘Aisyiyah Tegalsari merupakan lembaga penyelenggara pendidikan untuk anak dengan rentang usia 3-6 tahun. PAUD ‘Aisyiyah Tegalsari sebagai objek penelitian memiliki fasilitas dan sumber daya manusia yang memadai untuk mendukung tercapainya tujuan penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data, metode analisis, metode perancangan, metode pengembangan, metode testing, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kebutuhan (fungsional dan non fungsional). Metode perancangan dan pengembangan terdiri dari 3 tahap, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Metode testing yang digunakan adalah alpha testing dan beta testing. Penelitian ini menghasilkan sebuah video animasi 2D yang dapat membantu guru dalam memberikan pembelajaran pendidikan karakter kepada siswa, khususnya pada sikap disiplin. Konten dari video animasi adalah contoh penerapan sikap disiplin di kehidupan sehari-hari. Penerapan metode pembelajaran demonstrasi dan dialog pada video animasi terlihat dari konten video animasi yang berisi langkah-langkah dalam mengerjakan sesuatu (demonstrasi) dan karakter animasi dalam cerita yang berkedudukan sebagai “aku” (sudut pandang orang pertama sebagai pelaku utama) yang seakan-akan berdialog dengan penonton (siswa). Media pembelajaran dalam bentuk video animasi dengan menerapkan metode pembelajaran demonstrasi dan dialog akan lebih berhasil dalam mencapai tujuan pembelajaran apabila guru juga ikut mendukung dalam proses pembelajaran dengan adanya sesi tanya jawab setelah video animasi selesai ditayangkan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Golden Age, Pendidikan Karakter, Disiplin, Metode Demonstrasi, Metode Dialog, Video Animasi, Animasi 2D. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Sep 2022 01:47 | ||
Last Modified: | 12 Jan 2024 02:31 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7159 |
Actions (login required)
View Item |