Bachtiar, Muchamad Ariffudin (2016) ANALISIS DAN PENERAPAN METODE RIGGING HUMANIK DAN BLEND SHAPE PADA VIDEO ANIMASI 3D ”STAGE MUSICAL”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (285kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (83kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_11.11.4881 Muchamad Ariffudin Bachtiar.zip Restricted to Repository staff only Download (542MB) |
Abstract
Dalam dunia animasi terdapat beberapa metode yang sangat berpengaruh terhadap hasil produksi animasi tersebut. Hal yang sangat penting adalah proses rigging dan facial ekspression. Proses rigging digunakan untuk membuat tulang dan sendi untuk diproses dalam menggerakkan bagian tubuh karakter, sedangkan facial ekspression digunakan untuk membuat animasi mimik wajah karakter. Namun pada penerapannya banyak animator menggunakan metode-metode tersebut secara tidak efektif dan efisien. Sebagai contoh adalah metode rigging secara manual dengan memasang bone satu persatu dan pemasangan facial ekspression dengan penulangan dan sedikit ekspresi. Hal tersebut akan membuat proses animasi menjadi lebih lama. Untuk membuat proses animasi lebih singkat dan efektif, maka akan lebih mudah bagi animator untuk menggunakan rigging dengan metode humanIK dan pembuatan facial ekspression dengan blend shape. Dengan rigging humanIK proses pembuatan bone akan dilakukan secara otomatis dengan parameter dan bentuk kerangka seperti manusia dengan inverse kinematic, tanpa harus membuat kerangka satu persatu. Untuk membuat facial ekspression lebih cepat, dapat digunakan blend shape dalam pembuatannya. Patokan dari semua ekspresi dibuat terlebih dahulu, kemudian disatukan agar karakter tersebut dapat menampilkan semua ekspresi yang telah dibuat tanpa harus membuat ekspresi secara manual. Hasil penerapan rigging humanIK dan facial ekspression dengan blend shape membuat proses animasi lebih efektif dan efisien. Animator dapat mempercepat waktu dalam menciptakan rig untuk keperluan animasi tubuh karakter dan metode blend shape dapat mempercepat proses animasi pada mimik wajah karakter. Namun pada penerapannya, masih terdapat masalah berupa pergerakan sendi pada ruas-ruas jari yang tidak sesuai dengan hasil analisis persendian.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Rigging, 3D Animation, Hair Simulation, nCloth | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 09 Sep 2022 01:43 | ||
Last Modified: | 20 Nov 2023 07:11 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7008 |
Actions (login required)
View Item |