IMPLEMENTASI USER DEFINED TARGETS PADA GAME FIRST PERSON SHOOTER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Nugroho, Sigit Setyo (2018) IMPLEMENTASI USER DEFINED TARGETS PADA GAME FIRST PERSON SHOOTER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (708kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.8148 Sigit Setyo Nugroho.zip
Restricted to Repository staff only

Download (112MB)

Abstract

Augmented Reality tidak hanya merambah ke bidang edukasi, kesehatan dan manufaktur saja, namun juga ikut memajukan industri game. Dengankemampuan mengolah objek maya seolah-olah menjadi satu dengan objek dunia nyata membuat augmented reality memiliki daya tarik tersendiri. Konten game di Indonesia menempati puncak diantara konten lain dimana menurut Badan Ekonomi Kreatif Indonesia pada 2016 dari 66 juta orang Indonesia yang memiliki akses internet, 42,8 juta diantaranya mengakses konten game. Sehingga ini menjadi salah satu kesempatan bagus untuk mengembangkan game di Indonesia. Augmented Reality merupakan sebuah teknik menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkup nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Terdapat banyak metode tracking pada penerapan aplikasi Augmented Reality diantaranya Objects Tracking, Cylinders, Text, Boxes, VuMarks, Images Tracking dan User Defined Targets. Dalam pengoperasian aplikasi augmented reality pada umumnya memerlukan sebuah penanda (marker) yang harus dicetak pengguna sebagai tempat untuk kamera melakukan tracking objek augmented reality. Dengan pengaplikasian User Defined Targets pada sebuah aplikasi augmented reality memungkinkan pengguna untuk membuat marker sendiri tanpa perlu lagi mengunduh dan mencetak marker. Aplikasi yang dihasilkan berupa game Augmented Reality untuk platform mobile Android dengan genre First Person Shooter menggunakan sistem User Defined Targets. Permainan Archery AR memberikan pengalaman kepada pengguna bagaimana bermain olahraga panahan secara virtual menggunakan fleksibilitas Augmented Reality tanpa marker User Defined Targets.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Slameto, Andika Agus
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Game, User Defined Targets, First Person Shooter, Panahan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:47
Last Modified: 30 Oct 2023 07:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6983

Actions (login required)

View Item View Item