Nugroho, Sigit Setyo (2018) IMPLEMENTASI USER DEFINED TARGETS PADA GAME FIRST PERSON SHOOTER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (708kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (297kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (519kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.8148 Sigit Setyo Nugroho.zip Restricted to Repository staff only Download (112MB) |
Abstract
Augmented Reality tidak hanya merambah ke bidang edukasi, kesehatan dan manufaktur saja, namun juga ikut memajukan industri game. Dengankemampuan mengolah objek maya seolah-olah menjadi satu dengan objek dunia nyata membuat augmented reality memiliki daya tarik tersendiri. Konten game di Indonesia menempati puncak diantara konten lain dimana menurut Badan Ekonomi Kreatif Indonesia pada 2016 dari 66 juta orang Indonesia yang memiliki akses internet, 42,8 juta diantaranya mengakses konten game. Sehingga ini menjadi salah satu kesempatan bagus untuk mengembangkan game di Indonesia. Augmented Reality merupakan sebuah teknik menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkup nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Terdapat banyak metode tracking pada penerapan aplikasi Augmented Reality diantaranya Objects Tracking, Cylinders, Text, Boxes, VuMarks, Images Tracking dan User Defined Targets. Dalam pengoperasian aplikasi augmented reality pada umumnya memerlukan sebuah penanda (marker) yang harus dicetak pengguna sebagai tempat untuk kamera melakukan tracking objek augmented reality. Dengan pengaplikasian User Defined Targets pada sebuah aplikasi augmented reality memungkinkan pengguna untuk membuat marker sendiri tanpa perlu lagi mengunduh dan mencetak marker. Aplikasi yang dihasilkan berupa game Augmented Reality untuk platform mobile Android dengan genre First Person Shooter menggunakan sistem User Defined Targets. Permainan Archery AR memberikan pengalaman kepada pengguna bagaimana bermain olahraga panahan secara virtual menggunakan fleksibilitas Augmented Reality tanpa marker User Defined Targets.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Game, User Defined Targets, First Person Shooter, Panahan | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Sep 2022 06:47 | ||
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6983 |
Actions (login required)
View Item |